ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kesulitan Belajar, Faktor-Faktor BelajarAbstract
Riset ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor kesulitan belajar peserta didik dalam menerima pelajaran yang dipelajarinya dan mendeskripsikan penyebab dari anak yang kesulitan dalam belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta observasi. Hasil penelitian ditemukan tentang interperasi dari kesulitan belajar sebagai gangguan yang beragam baik gangguan dalam menyimak, membaca dan menulis yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kesulitan belajar terbagi menjadi dua kategori besar yaitu kesulitan belajar berkaitan dengan perkembangan peserta didik dan bidang akademik. Faktor kesulitan belajar pada anak yaitu faktor terganggunya fungsi otak, faktor hereditas, faktor lingkungan & nutrisi. Sedangkan, jika dilihat dari fenomena kesulitan belajar berdasar proses pembelajaran maka faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal yang datang dari dalam diri anak atau peserta didik. Faktor eksternal yang berkaitan dengan kondisi dari luar anak atau peserta didik. Dalam mengendalikan kesulitan belajar perlu dilakukan dengan penanganan yang menyeluruh dan penanganan dapat dilakukan pada bidang medis serta pendidikan.
References
Al-Faruq Saifillah, S., & Zulqarnain. (2021). Psikologi pendidikan. deepublish.
Amanah, U. S. (2008). Upaya guru menanggulangi kesulitan belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kademangan Blitar [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/4533/
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–4.
Herawati, M. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Sinjai [PhD Thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI]. https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/511/
Kartika, I., & Arifudin, O. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.
Lubis, R. F. (2020). Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33. https://www.researchgate.net/profile/Ismail-Wekke/publication/344211045_Metode_Penelitian_Sosial/links/5f5c132ea6fdcc11640bd740/Metode-Penelitian-Sosial.pdf#page=42
Ningtias, R. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Maharoh Kalam Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 91–100.
Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71–92.
Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23.
Pratama, A. E. S. (2022). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMKS Melati Hamparan Perak. LOKAKARYA, 1(2), 19–27.
Wijaya, C., Djadjuri, D., & Rusyan, A. T. (1988). Upaya pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran. (No Title). https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282270728375808
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqiyul Azima, Martin Kustanti, Rezki Amelia, Gusmirawati Gusmirawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.