APAKAH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN SAINS DI PERGURUAN TINGGI? SEBUAH STUDI META-ANALISIS

Authors

  • Musawira Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Sains, Meta-Analisis, Effect Size

Abstract

Pembelajaran sains di perguruan tinggi membutuhkan pendekatan yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, namun efektivitas pembelajaran berbasis proyek masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan meta-analisis. Metode penelitian mencakup analisis terhadap 10 artikel yang relevan dengan fokus pembelajaran sains di perguruan tinggi. Hasilnya menunjukkan ukuran efek gabungan sebesar 1.98, yang tergolong sangat besar. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis proyek secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar sains mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis proyek yang terencana serta studi lanjutan untuk mengeksplorasi faktor kontekstual yang mendukung implementasinya.

References

Bell, S. W. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Borenstein, M., Hedges, L. V, Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to meta-analysis. John Wiley & Sons. https://doi.org/10.1002/9780470743386

Carlina, E. (2018). science project-based learning integrated with local potential to promote student’s environmental literacy skills. Advanced Journal of Social science, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.21467/ajss.4.1.1-7

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia'ah, N. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (1982). Meta-analysis. In Advances in educational and psychological testing: Theory and applications (pp. 157-183). Dordrecht: Springer Netherlands.

Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 769–774

Mardalena, D. (2018). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas vi sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 128. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5345

Nurtriana, I., Maharani, E. T. W. ., & Yuliyanto, E. . (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar pada Materi IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 783–797. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4302

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 20-214.

Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09-20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366

Pratiwi, I., Shafwan Pulungan, A. S., Author, K., & ARTIKEL Histori Artikel, I. (2020). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning(PJBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 62–070. https://doi.org/10.24114/JPP.V8I1.12105

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Efektifitas Online Project Based Learning Berbasis Ethnosains Pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Selama Pandemi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1065-1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.738

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/JIECR.V1I1.5

Sayani, E. and Sutiani, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan kritis terhadap hasil belajar siswa materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 97. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19742

Siagian, R. (2021). Pembelajaran berbasis proyek pada pokok bahasan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas viii smp negeri 1 sigumpar. Journal of Applied Technology and Informatics Indonesia, 1(2), 49-53. https://doi.org/10.54074/jati.v1i2.39

Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2020). Mobile multimedia-based batakologi learning model development. Journal of Mobile Multimedia. https://doi.org/10.13052/jmm1550-4646.1541

Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90-98

Susilowaty, N. (2020) ‘Pengaruh model pembelajaran Project based Learning terhadap peningkatan kemampuan self-regulated learning Mahasiswa Universitas Advent Indonesia’, Jurnal Padegogik, 3(1), pp. 71–80. doi: 10.35974/jpd.v3i1.2235.

Trianggono, M., Kurniawan, M., & Ashadi, F. (2022). Efektivitas Science Video Project-Based Learning Sebagai Stimulan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 593-610. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.546

Vargas, N. V., Ortiz, J. L. A., Pueyo, N. P., & Rodríguez, A. R. L. (2019). Project based learning to enhance environmental education through automobile mechanics. Journal of Problem-Based Learning, 6(2), 76-84. https://doi.org/10.24313/jpbl.2019.00192

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Zendrato, E. K., Gea, H. A., Telaumbanua, G. C., Gea, F. K., Halawa, E. K., Hulu, E. N., … Harefa, E. (2024). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4842–4850. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1615

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

APAKAH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN SAINS DI PERGURUAN TINGGI? SEBUAH STUDI META-ANALISIS. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(03), 949-954. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/137

Similar Articles

1-10 of 149

You may also start an advanced similarity search for this article.