APAKAH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN SAINS DI PERGURUAN TINGGI? SEBUAH STUDI META-ANALISIS
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Sains, Meta-Analisis, Effect SizeAbstract
Pembelajaran sains di perguruan tinggi membutuhkan pendekatan yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, namun efektivitas pembelajaran berbasis proyek masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan meta-analisis. Metode penelitian mencakup analisis terhadap 10 artikel yang relevan dengan fokus pembelajaran sains di perguruan tinggi. Hasilnya menunjukkan ukuran efek gabungan sebesar 1.98, yang tergolong sangat besar. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis proyek secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar sains mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis proyek yang terencana serta studi lanjutan untuk mengeksplorasi faktor kontekstual yang mendukung implementasinya.
References
Bell, S. W. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Borenstein, M., Hedges, L. V, Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to meta-analysis. John Wiley & Sons. https://doi.org/10.1002/9780470743386
Carlina, E. (2018). science project-based learning integrated with local potential to promote student’s environmental literacy skills. Advanced Journal of Social science, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.21467/ajss.4.1.1-7
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia'ah, N. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (1982). Meta-analysis. In Advances in educational and psychological testing: Theory and applications (pp. 157-183). Dordrecht: Springer Netherlands.
Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 769–774
Mardalena, D. (2018). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas vi sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 128. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5345
Nurtriana, I., Maharani, E. T. W. ., & Yuliyanto, E. . (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar pada Materi IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 783–797. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4302
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 20-214.
Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09-20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366
Pratiwi, I., Shafwan Pulungan, A. S., Author, K., & ARTIKEL Histori Artikel, I. (2020). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning(PJBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 62–070. https://doi.org/10.24114/JPP.V8I1.12105
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Efektifitas Online Project Based Learning Berbasis Ethnosains Pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Selama Pandemi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1065-1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.738
Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/JIECR.V1I1.5
Sayani, E. and Sutiani, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan kritis terhadap hasil belajar siswa materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 97. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19742
Siagian, R. (2021). Pembelajaran berbasis proyek pada pokok bahasan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas viii smp negeri 1 sigumpar. Journal of Applied Technology and Informatics Indonesia, 1(2), 49-53. https://doi.org/10.54074/jati.v1i2.39
Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2020). Mobile multimedia-based batakologi learning model development. Journal of Mobile Multimedia. https://doi.org/10.13052/jmm1550-4646.1541
Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90-98
Susilowaty, N. (2020) ‘Pengaruh model pembelajaran Project based Learning terhadap peningkatan kemampuan self-regulated learning Mahasiswa Universitas Advent Indonesia’, Jurnal Padegogik, 3(1), pp. 71–80. doi: 10.35974/jpd.v3i1.2235.
Trianggono, M., Kurniawan, M., & Ashadi, F. (2022). Efektivitas Science Video Project-Based Learning Sebagai Stimulan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 593-610. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.546
Vargas, N. V., Ortiz, J. L. A., Pueyo, N. P., & Rodríguez, A. R. L. (2019). Project based learning to enhance environmental education through automobile mechanics. Journal of Problem-Based Learning, 6(2), 76-84. https://doi.org/10.24313/jpbl.2019.00192
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Zendrato, E. K., Gea, H. A., Telaumbanua, G. C., Gea, F. K., Halawa, E. K., Hulu, E. N., … Harefa, E. (2024). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4842–4850. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1615
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Musawira (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.