EFEKTIVITAS MEDIA STORY TELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB: STUDI META-ANALISIS
Keywords:
Story telling, kemampuan menyimak, meta-analisisAbstract
Kemampuan menyimak bahasa Arab sering menjadi tantangan bagi peserta didik, sehingga diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media storytelling terhadap kemampuan menyimak bahasa Arab menggunakan metode meta-analisis. Data diperoleh dari berbagai penelitian sebelumnya dan dianalisis untuk menghitung ukuran efek gabungan. Hasil penelitian menunjukkan ukuran efek gabungan sebesar 0,97, yang termasuk dalam kategori efek besar, sehingga menunjukkan bahwa storytelling secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Arab. Kesimpulan ini memberikan bukti empiris bahwa storytelling adalah media pembelajaran yang relevan dan inovatif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisis variabel moderator, seperti tingkat pendidikan, durasi penerapan, dan konteks pembelajaran, untuk memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang efektivitas storytelling.
References
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P., & Rothstein, H. R. (2021). Introduction to meta-analysis. John Wiley & Sons.
Cooper, H., Hedges, L. V., & Valentine, J. C. (Eds.). (2019). The handbook of research synthesis and meta-analysis (3rd ed.). Russell Sage Foundation.
Egan, K. (1989). Teaching as story telling: An alternative approach to teaching and curriculum in the elementary school. University of Chicago Press.
Goh, C. C. M., & Aryadoust, V. (2016). Developing and assessing listening skills. In H. P. Widodo & A. Renandya (Eds.), English Language Teaching Today (pp. 175–186). Springer.
Hakim, A. R., & Widayati, D. (2019). Pengaruh penggunaan metode storytelling terhadap kemampuan menyimak bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 125-138.
Hassan, N. F. A., & Mamat, A. (2017). The effects of storytelling on primary students' Arabic vocabulary acquisition and interest. Iium journal of educational studies, 5(2), 20-38.
Hsu, C.-C., & Sandford, B. A. (2007). The Delphi technique: Making sense of consensus. Practical Assessment, Research & Evaluation, 12(10), 1-8.
Kassem, M. A. M. (2018). Improving EFL students' listening comprehension skills: The impact of storytelling. Heliyon, 4(10), e00841.
Mahmudah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Mostafa, A. A. (2016). The effect of storytelling on increasing arabic vocabulary skills in at-risk preschoolers. Psycho-Educational Research Reviews, 5(2), 61-67.
Rahmani, E., & Fahimizadeh, F. (2021). Effectiveness of Using Storytelling to Develop Speaking Skill for Students (Students of Arabic Language and Literature at Shiraz University) as an Example. Quarterly of Arabic Language and Literature, 16(4), 645-667.
Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., & Kartianom. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Paroma Publishing
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.
Schmidt, R. (1990). The role of consciousness in second language learning. Applied Linguistics, 11(2), 129–158.
Therrien, W. J. (2004). Fluency and comprehension gains as a result of repeated reading: A meta-analysis. Remedial and Special Education, 25(4), 252-261.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irfan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.