MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kemampuan Civic Knowledge , Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan Civic Knowledge pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Post-test Only Control Group Design. responden penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan mengambil sampel 25 anak disetiap kelasnya. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian berupa postest di akhir pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil Uji Independent Sampel t-test menggunakan SPSS maka diketahui terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan teruji oleh data terdapat pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Civic knowledge Siswa Sekolah Dasar.
References
Afandi, M., Wahyuningsih, S., Yustiana, S., Kusumadewi, R. F., & Rachmadtullah, R. (2023). Correlation of Work Discipline and Pedagogical Competence to Teaching Performance in Elementary Teacher. International Journal of Instruction, 16(4), 189–208. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16412a
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Aulia, S. S., & Arpannudin, I. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Lingkup Sosio-Kultural Pendidikan Non-Formal. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.902
Darma, S. (2022). Surya Darma Sihombing. 1–45.
Dewa, I., Udayani, A. T., Agung, G., Wulandari, A., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika. Jipp, 4, 254–293.
Diana, H., Asih Saputri, D., Budi Satiyarti, R., & Aulia Novitasari, dan. (2020). Pengembangan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving disertai Mind Mapping. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 88–94.
Duha, M. M., Pancasila, P., Tinggi, S., Pendidikan, I., & Nias, S. (2020). Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Number Head Together Di SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo. Jurnal Education and Development, 8(1), 235–239.
Fauziah, N., & Afrizal, S. (2021). Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi. Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Keharmonisan Keluarga, 10(1), 974. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/20498%0Ahttps://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/20498/artikel sosietas upi.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Formal Dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 190–207.
Kurniati, P., putra H, M., Komara lilis, S., Wibianika, H., Setiansyah, R., Arrahmaniyah, S., & Al-Falah Cicalengka, S. (2021). Budaya Kewarganegaraan Praktik Kewarganegaraan dan Pendidikan untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 110–111.
Maharani, N., Hadiyan, A., & Murdiyanto, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.20110
Mahardhani, A. J. (2020). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020
Nugroho, T. A., & Anugraheni, I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing di Tinjau Dari Cara Berfikir Kreatif Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1003–1010. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.583
Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2019). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn Upy Dalam Berlalu Lintas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 2580–0086.
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Rasmitadila, R., & Syamsi, A. (2024). Teacher Perceptions in Implementing Religious Character Education in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 2024, 139–147. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15261
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Retnani Srinarwati, D. (2022). Teacher’s Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School. KnE Social Sciences, 2022, 202–209. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12442
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). Elementary school teachers’ perceptions of the potential of metaverse technology as a transformation of interactive learning media in Indonesia. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(1), 128–136. https://doi.org/10.53894/ijirss.v6i1.1119
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., Wicaksono, J. W., & Rasmitadila. (2023). The utilization of metaverse technology applications based on science, technology, engineering and mathematics (Meta-STEM) to improve critical thinking skills. Journal of Education and E-Learning Research, 10(4), 778–784. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i4.5203
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2213612
Rohana, S., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Project Based Learning Model on Critical Thinking Ability Seen from Cognitive Style in Elementary Schools. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.10
Sebayan, W. A. B., Laia, A., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Materi Kesejarahan Perumusan Uud 1945 Kelas Vii Smp 2 Tigabinanga Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1, 49–60.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students’ Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58–69. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i10.6182
Triyani, E., Yanzi, H., & Putri, D. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tematik terhadap Perkembangan Civic Knowledge Di SDN 1 Rejosari. Jurnal Kultur Demokrasi. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/20479%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/download/20479/14700
Wansaubun, W. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 3(2), 220–226. https://doi.org/10.30862/accej.v3i2.305
Wardani, K. S. K., Rahmatih, A. N., Sriwarthini, N. L. P. N., Nurwahidah, N., & Astria, F. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1652
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Zalza Nabilah, Reza Rachmadtullah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.