MEMETAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP: SEBUAH ANALISIS

Authors

  • Lutfiana Fazat Azizah Universitas Wiraraja Author

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menggambarkan kemampuan penalaran siswa kelas 7 di SMPN 1 Batuputih dengan menggunakan desain kuantitatif yang menarik, data dikumpulkan melalui tes yang disusun dan disebarkan kepada seluruh siswa kelas 7. Data dikumpulkan melalui tes yang disebarkan kepada seluruh siswa kelas 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 7 menjawab secara akurat 60% dari pertanyaan 1, siswa kelas 7 menjawab secara akurat 40% dari pertanyaan 2, siswa kelas 7 menjawab secara akurat 20% dari pertanyaan 3, siswa kelas 7 menjawab secara akurat setengah dari pertanyaan 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa kelas 7 di SMPN 1 Batuputih harus ditingkatkan ke tingkat berikutnya. Konsekuensi dari tinjauan ini dapat digunakan sebagai alasan untuk merencanakan prosedur pembelajaran yang tepat dan layak untuk lebih mengembangkan kemampuan penalaran siswa yang kurang mampu, pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan dengan menggunakan teknik yang lebih berbeda, seperti persepsi dan pertemuan, untuk mendapatkan lebih banyak data dari atas ke bawah tentang kemampuan penalaran siswa yang kurang mampu, Konsekuensi dari tinjauan ini diharapkan dapat memberikan garis besar profil kemampuan penalaran siswa yang kurang mampu di kelas 7 di SMPN 1 Batuputih, dan dampak dari tinjauan ini juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian untuk memperbaiki sifat pembelajaran di sekolah.

References

Amalia.(2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah.Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol. 17 No.1

Andriawan.(2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Pythagoras.JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) Vol.1 No.4

Anggraeni.(2024). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi.JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol. 9 No.2

Arini.(2023). Profile of Critical Thinking Results Analyzed From Facione Indicators and Gender of Learnes.Ijorer : International Journal of Recent Educational Research Vol.4 No.4

Azmi.(2022). Study of Critical Thinking Skills for Junior High School Students In the Era Industial Revolution 4.0. IPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol. 6 No.1

Basri.(2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction Vol. 12 No.3

Djawa.(2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan.Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.3 No.1

Ennis, R. (1996). Critical thinking. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Fatmawati.(2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika.Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA Vol.5 No.2

Gunawan.(2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Hereditas.Bio-edu: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 7 No.2

Kasanah, S. U., Rosyadi, Z., Punggeti, R. N., Arifin, F., Yasin, M., Khakim, A., Mansyur, Yudiati, R., Meita, N. M., Krismayanti, Y., & Maemunah, S. (2023). PENDIDIKAN ANTI BULLYING. In A. Arifuddin (Ed.), PENDIDIKAN ANTI BULLYING (pp. 21–28). CV. Basya Media Utama.

Maryani.(2021). Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Science Learning.Scientiae Educatia Vol. 10 No.1

Meryastiti.(2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi.Saintifika Vol. 24 No.1

Nuriyah.(2023). Critical Thinking Skills Profile of Junior High School Students in Human Respiration System Materials. Nukleo Sains : Jurnal Pendidikan IPA Vol. 2 No.2

Prihantini, P., Sutarto, S., Punggeti, R. N., Rukmini, A., & Intes, A. (2024). The Use of ICT as a Resource and Media for Modern 21st Century Learning in Primary Schools. Journal International of Lingua and Technology, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.55849/jiltech.v3i1.509

Punggeti, R. N., Parid, M., Supriatna, D., Junaidi, Umro, J., Jaenullah, Muspida, A., Yasin, M., & Putri, M. F. J. L. (2024). Pendidikan Karakter Antikorupsi. In B. M. Utama (Ed.), PENGANTAR PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI. CV. Basya Media Utama.

Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Azizah, L. F. (2024). MODEL BSB (BERMAIN SEMBARI BELAJAR) GUNA MENDUKUNG PROGRAM NUMERASI DI MI NURUL IMAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 11–16. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/375

Putri.(2022). Profil Critical Thinking Skills Siswa SMP N 2 Karanganyar Demak.Jurnal Kualita Pendidikan Vol. No.3

Riezandi. (2022) Analysis of Critical Thinking Skills of Junior High School Students on Vibration And Wave Materials. Jurnal Pijar Mipa Vol. 17 No.5

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA.

Susandi.(2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika.Sigma Vol.6 No.1

Widyapuraya.(2023). Profile of Critical Thinking Skills of Junior High School Students.Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 9 No.3

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

MEMETAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP: SEBUAH ANALISIS. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 630-635. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/86

Similar Articles

1-10 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.