MEMBENTUK KEMAMPUAN SAINS ANAK BERBASIS EKSPERIMEN DI KB BULU TELLUE
Keywords:
emampuan Sains, EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk kemampuan sains anak berbasis eksperimen dan mengetahui dampak dari pembelajaran berbasis eksperimen terhadap pengenalan sains kepada anak usia dini di KB Bulu Tellue. Jenis penelitian yang digunakana dalan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan subyek penelitian sebanyak 3 dari 10 anak di kelompok B. Instrumen yang digunakan adalah observasi.. Berdasarkan hasil penelitian metode eksperimen yang dilakukan di KB Bulu Tellue menunjukkan perkembangan kognitif anak dimana anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terutama terhadap peristiwa yang mempunyai sebab akibat. , percobaan ini akan membantu mempermudah dalam menjawab pertanyaan anak dibandingkan dengan penjelasan guru, dengan menggunakannya akan lebih mudah diterima oleh anak. Selain itu, eksperimen memberikan pengalaman kepada anak dan juga memberikan hasil yang nyata. Pembelajaran IPA yang diberikan di KB Bulu Tellue mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak yang disesuaikan dengan usia anak sehingga mengatasi kesulitan anak.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. In UNISSLA Press. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005.
Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.2
Andira, Ayu, Sukmawati, and Arie Martuty. 2023. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Percobaan Sederhana Di Tk Islam An-Nur Pa’bangngiang, Kabupaten Gowa.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 9(3): 1742–50.
Anugerahwaty, R. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Atthfal Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 03(1), 85–93.
Artika, Dewi. 2019. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung “Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA AT Taman Bandar Lampung.”
Baskoro, Djajeng. (2014). Model (Menyenangkan, Hangat, dan Mudah) pada Pembelajaran sains Bagi anak Usia 4-5 Tahun di PAUD. Bandung: Penerbit Buku Umum & Perguruan Tinggi.
Dewi Setiawati, G. A., & Ekayanti, N. W. (2021). Bermain Sains Sebagai Metode Yang Efektif Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 126. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2391
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. 2019. CV Kaaffah Learning Center Belajar Dan Pembelajaran.
Fatimah, S. (2022). Penerapakan Metode Eksperimen Dalam Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Di TK Tunas Mekar Madani Way Kanan.
Halimatu Sadiah, N., Hunafa Lestari, R., Melati, P., Kebon manggu Padasuka Cimahi, J., & Siliwangi, I. (2020). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Steam. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237–244.
Haryani, M. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Gelora Mekar Tanjung Raya Lampung Barat.
Hayat, M. S. (2018). Hakikat Sains dan Inkuiri. Jurnail Sains Dasar, 2008, 1–21.
Hikmah, N. (2020). Pembelajaran sains melalui eksperimen dalam perkembangan kognitif anak usia dini Kelompok B di KB-TK Nurul Hikmah Kota Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25920
Ibrahim, Gunawan, Marwan, & Jalaluddin. (2019). Hakikat Pembelajaran Sains dalam Inovasi Kurikulum Karakter.
Iryana, & Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data. In Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)Sorong.
Laily, Diah Safira, and Nur Ika Sari Rakhmawati. 2023. “Peningkatan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Kelompok A Di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto.” Journal on Education 6(1): 1655–66.
Lestariningrum, A., & Nuryanti. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Konsep Dasar Sains Pada Anak Didik Kelompok A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Educhild, 5(1), 46– 50.
Lilawati, R. A. (2022). Implementasi Reward dan Punishment dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di RA Dwi Savitri Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 172–179.
Maryani, I., & Nofitasari, A. D. (2018). Efektifitas Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Di Kelas a Tk Aba Tobayan Sleman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 7–15. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.158
Maya, L. S. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 88–98.
Meilani, Meilani. 2013. “Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna Dalam Berbusana.” Humaniora 4(1): 326.
Misno, A. (2021). Kerangka Pikir dan Konseptualisasi Penelitian. In Fundamentals of Social Research: Methods, Processes and Applications.
Nuhidayati. 2015. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Di Kelompok B TK 008 Melur Pulau Terap Kecamatan Kuok.” Educhild 4(2): 120–30.
Pratiwi, N. I. (2017). (Data Primer Sekunder) Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219/179
Prameswari, Devalda Marisa. 2019. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metero “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melakui Metode Eksperiman Mencampur Warna Kelompok B1 Di Tk Permata Hati Lampung Tenga.”
Putri, Suci Utami. 2019. Subang: Rayyon Press Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini.
Rahmaniar. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ampas Kelapa Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Warna Di Kb Mutiara Hati Desa Bonto Salama Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai.
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 43–55.
Sadiah, H., Suherman, & Asmawati, L. (2020). Penerapan Pembelajaran Sains Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(November), 177–191.
Safira, Ajeng Rizki, Ayu Sayyidatul Ifadah. (2020). Pembelajaran Sains Dan Matematika Aanak Usia Dini. Gersik Jawa Timur: Caremedia Comunication
Sari, Winda Widya, Suwirman Nuryadin, and Yuliani Nurani Sujiono. 2014. “Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Proyek.” Pendidikan Usia Dini 8(1): 55–64.
Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239
Simin, Febriati, and Yusuf Jafar. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4(3): 209.
Siregar, I. Y. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Di Tk Siti Al-Hasan Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Ta. 2018/2019.
Studocu. (2021). Makalah Metode Pembelajaran. In Universitas Jember.
Uno Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta
Wahyuningrum, A. S., & Emilda, E. (2023). Penyuluhan Penggunaan Bahan Pewarna Pada Makanan Di Desa Ranca Bungur Kabupaten Bogor. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 552–560. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2516
Widowati, A. (2008). Diktat pendidikan sains. Universitas Negeri Yogyakarta, 1– 8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainun Afrianti Fajri, Riskal Fitri, Nasaruddin R (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.