PENERAPAN TEKNIK RAMU PENDAPAT (BRAINSTORMING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Febry Dwi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Author
  • Bahauddin Azzmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Author

Keywords:

Teknik Ramu Pendapat, Menulis Deskripsi

Abstract

Permasalahan rendahnya siswa dalam menguasai kosakata pada pelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan metode pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian siswa dalam kemampuan menulis deskripsi, dengan cara menerapkan teknik ramu pendapat (brainstorming) untuk materi bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis menyusun karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil proses penerapan yang dilakukan dari seluruh aspek mendapatkan skor 3 dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar ini terdapat rata-rata 86,20 % dengan predikat A kategori baik. Teknik ramu pendapat merupakan cara pembelajaran yang menarik, menyenangkan, sehingga siswa dapat mengungkapkan gagasan atau konsep dengan lebih  baik melalui penggunaan kata-kata mereka sendiri.

References

Bahri, A., Khaltsum, U., & Nasra, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Brainstorming terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 67.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : devisi buku perguruan tinggi PT. Raja Grafindo Persada.

Hilaliyah, T., Wahid, F. I., & Sholihat, I. (2023). Buku Panduan Menulis Karangan Deskripsi Berbasis go to Your Post pada Siswa Kelas V SD ( Penelitian Research and Development di SDN Gerem 1 Cilegon ). 9(1), 102–110.

Jashinta, K. S., Nur, S., & Susanti. (2023). Peningkatan Kemampuan Bernalar Kritis Di Kelas IV SD Negeri Klitik Menggunakan Metode Brainstorming Berbantukan Media Jendela Informasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 09. No. 1. Halaman 1347-1357.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta : Deepublish

Nilianti. (2020). Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui penerapan teknik brainstorming. Social, Humanities, and Edication Studies (SHes). Volume 3. No. 3. Halaman 1930-1933.

Ratna, M. S., & Elfia, S. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies. Volume 04. No. 01. Halaman 1288- 1295.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96.

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN TEKNIK RAMU PENDAPAT (BRAINSTORMING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SEKOLAH DASAR. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 522-526. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/74

Similar Articles

1-10 of 52

You may also start an advanced similarity search for this article.