PENERAPAN TEKNIK RAMU PENDAPAT (BRAINSTORMING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Teknik Ramu Pendapat, Menulis DeskripsiAbstract
Permasalahan rendahnya siswa dalam menguasai kosakata pada pelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan metode pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian siswa dalam kemampuan menulis deskripsi, dengan cara menerapkan teknik ramu pendapat (brainstorming) untuk materi bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis menyusun karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil proses penerapan yang dilakukan dari seluruh aspek mendapatkan skor 3 dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar ini terdapat rata-rata 86,20 % dengan predikat A kategori baik. Teknik ramu pendapat merupakan cara pembelajaran yang menarik, menyenangkan, sehingga siswa dapat mengungkapkan gagasan atau konsep dengan lebih baik melalui penggunaan kata-kata mereka sendiri.
References
Bahri, A., Khaltsum, U., & Nasra, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Brainstorming terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 67.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : devisi buku perguruan tinggi PT. Raja Grafindo Persada.
Hilaliyah, T., Wahid, F. I., & Sholihat, I. (2023). Buku Panduan Menulis Karangan Deskripsi Berbasis go to Your Post pada Siswa Kelas V SD ( Penelitian Research and Development di SDN Gerem 1 Cilegon ). 9(1), 102–110.
Jashinta, K. S., Nur, S., & Susanti. (2023). Peningkatan Kemampuan Bernalar Kritis Di Kelas IV SD Negeri Klitik Menggunakan Metode Brainstorming Berbantukan Media Jendela Informasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 09. No. 1. Halaman 1347-1357.
Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta : Deepublish
Nilianti. (2020). Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui penerapan teknik brainstorming. Social, Humanities, and Edication Studies (SHes). Volume 3. No. 3. Halaman 1930-1933.
Ratna, M. S., & Elfia, S. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies. Volume 04. No. 01. Halaman 1288- 1295.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febry Dwi Lestari, Bahauddin Azzmy (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.