PENERAPAN METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI
Keywords:
Storrytelling, Kecerdasan Linguistik, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran metode storytelling dalam meningkatkan kecerdasan linguistik anak, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat metode storytelling dalam meningkatkan kecerdasan linguistik anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan 1 reduksi data, display data, verivikasi dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan meode storytelling dalam meningkatkan kecerdasan linguistik usia 5-6 tahun., (2) Faktor pendukung penerapan metode storytelling dalam meningkatkan kecerdasan linguistik usia 5-6 tahun yaitu besarnya semangat guru dalam berstorytelling, antusias anak dan tersedianya sarana bercerita. Sebagai kesimpulan bahwa kemampuan berbicara anak dapat di tingkatkan dengan aktivitas tanya jawab seputar cerita yang didengar dan meminta anak untuk menceritakan kembali cerita atau kisah yang didengar menggunakan bahasa atau kalimatnya sendiri, selain itu anak juga bisa menanyakan kosakata yang kurang dimengerti dalam cerita yang didengar
References
Abdi, H. (2023) Pengertian Observasi Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis, dan Tujuannya, liputan6.com. Available at: https://www.liputan6.com/hot/read/5294168/pengertian-observasi-menurut-para-ahli-ciri-ciri-jenis-dan-tujuannya (Accessed: 5 July 2024).
Akbar M.Pd.I, E. (2020) Metode Belajar Anak Usia Dini. Prenada Media.
Aldita, P. (2023) 10 Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli - Adjar. Available at: https://adjar.grid.id/read/543779163/10-pengertian-wawancara-menurut-para-ahli (Accessed: 5 July 2024).
Ambarita, J. and Simanulang, P.S. (2023) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Pertama. Indramayu: penerbit Adab.
Arif Muttaqin, L., Ardi, Relsas Yogica (2020) Metodologi Pembelajaran: Strategi, Penedekatan, Model, Metode Pembelajaran. IRDH Book Publisher.
Astuti, W. (2018) Bermain dan Kecerdasan Anak. Pertama. Muhammadiyah University Press.
Bercerita | EduChannel Indonesia (20022). Available at: https://educhannel.id/artikel/Bahasa-dan-Sastra-Indonesia/bercerita.html (Accessed: 4 July 2024).
Dahlia, L., Thamrin, M. and Ali, M. (2013) ‘Kemempuan Berbicara Menggunakan Bahasa Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun TK Keranjik’. Available at: https://www.neliti.com/id/publications/215384/kemampuan-berbicara-menggunakan-bahasa-indonesia-anak-usia-5-6-tahun-tk-keranjik.
Delima, Suhaimi and dkk (2022) ‘Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Todler’, Jurnal Basicedu, 6(1), pp. 1369–1375. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1672.
Fitrianto, Y. (2022) mengembangkan Potensi peserta Didik Berbasisi Kecerdasan Majemuk. Pertama. Adab.
Hadi, G.K. (2018) ‘Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 1 Banjarmasin’, 5.
Johan Setiawan, A.A. (2018) Metodologi penelitian kualitatif. 1st edn. CV Jejak (Jejak Publisher).
Katoningsih., Dr.S. (2021) Keterampilan Bercerita. 1st edn. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Madyawati, L. (2017) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. 2nd edn. Kencana. Available at: 9786020895383, 6020895386.
Mahrusillah. Muhammad (2022) Fiqih Neurostorytelling. Serang: A-Empat.
Moeslihatoen (2004) Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta (2).
Munafiah, N. (2018) Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence. pertama. mangku Bumi.
Pengaruh Metode Storytelling Untuk Pengembangan Minat Baca dan Bahasa Anak Usia Dini - Kompasiana.com (no date). Available at: https://www.kompasiana.com/alyasalzabilla/62a4d769bb44863b687b9702/pengaruh-metode-storytelling-untuk-pengembangan-minat-baca-dan-bahasa-anak-usia-dini#google_vignette (Accessed: 3 July 2024).
Peserta Workshop Naskah Penngembangan Pembelajaran Di TK (2010) ‘Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa Di Taman Kanak Kanak’. Depertemen pendidikan Nasional.
Riadi, M. (2021). Karakteristik, Jenis dan Prosedur Penelitian Kualitatif’. Available at: https://www.kajianpustaka.com/2019/04/karakteristik-jenis-dan-prosedur-penelitian-kualitatif.html (Accessed: 4 July 2024).
Riadi, Mu. (2022). Storytelling (Pengertian, Jenis, Tahapan dan Manfaat)’, 11 August. Available at: https://www.kajianpustaka.com/2022/08/storytelling-pengertian-jenis-tahapan-dan-manfaat.html (Accessed: 3 July 2024).
Rianasari, V.F. and Sulistyani, N. (2017) Psikologi Pembelajaran Matematika. Pertama. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Soleha, U.H. (2024). Apa Itu Model, Metode, Pendekatan, dan Teknik atau Taktik’. Available at: https://www.edukasiku.com/2019/08/apa-itu-model-metode-pendekatan-dan.html (Accessed: 5 July 2024).
Storytelling (Pengertian, Jenis, Tahapan dan Manfaat)’ (2022), 8 November. Available at: https://www.kajianpustaka.com/2022/08/storytelling-pengertian-jenis-tahapan-dan-manfaat.html (Accessed: 5 July 2024).
Sugiono, P., Dr. (2010) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Thabroni, G. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis’, serupa.id, 7 February. Available at: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/ (Accessed: 3 July 2024).
Verianti, W.A. (2023) linguistik adalah Ilmu Bahasa, ini penjelasan, ciri dan cabangnya. https: linguistik adalah ilmu bahasa, ini penjelasan, ciri dan cabangnya - hot liputan6.com - Yahoo Search Results. Available at: https://search.yahoo.com/search?fr=mcafee&type=E211US885G0&p=verianty%2Cw.a.2023.+linguistik+adalah+ilmu+bahasa%2C+ini+penjelasan%2C+ciri+dan+cabangnya.+https%3Alinguistik+adalah+ilmu+bahasa%2C+ini+penjelasan%2C+ciri+dan+cabangnya+-+hot+liputan6.com (Accessed: 4 July 2024).
Yogosara Lodewijk, D.P. (2022) mengembangkan Potensi Kecerdasan Pada Anak Sebagai Optimalisasi kecerdasan Majemuk. Guepedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Sriwahyuni B, Herlina Herlina, Muhammad Yusri Bachtiar, Wahira Wahira (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.