PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN KACAMATA DI OPTIK SURYA MEDAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Satrya Prima Raudini Universitas Siliwangi Author
  • Lystiowati purwopeni Universitas Siliwangi Author
  • Dhoni Brilliant Universitas Siliwangi Author
  • Fadhillah Azzahra Universitas Siliwangi Author
  • Nita Syahputri Universitas Siliwangi Author

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori, Penjualan Kacamata, Optik Surya Medan, Asosiasi Pembelian

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan data mining terhadap penjualan kacamata di Optik Surya Medan menggunakan algoritma Apriori. Data mining adalah proses menemukan pola menarik dalam kumpulan data besar. Dalam konteks ini, algoritma Apriori digunakan untuk mengidentifikasi asosiasi atau pola pembelian yang sering muncul bersama dalam transaksi penjualan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan strategi penjualan dan inventaris di Optik Surya Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Apriori efektif dalam menemukan pola pembelian yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pengelolaan persediaan.

References

Agrawal, R., & Srikant, R. (1994). Fast algorithms for mining association rules in large databases. Proceedings of the 20th International Conference on Very Large Data Bases (VLDB), 487-499.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2012). Data Mining: Concepts and Techniques. Morgan Kaufmann.

Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2011). Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques. Morgan Kaufmann.

Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Wiley & Sons.

Tan, P.-N., Steinbach, M., & Kumar, V. (2006). Introduction to Data Mining. Pearson Education.

Agrawal, R., Imielinski, T., & Swami, A. (1993). Mining Association Rules Between Sets of Items in Large Databases. Proceedings of the ACM SIGMOD International Conference on Management of Data, 207-216.

Fayyad, U. M., Piatetsky-Shapiro, G., & Smyth, P. (1996). From Data Mining to Knowledge Discovery in Databases. AI Magazine, 17(3), 37-54.

Hand, D. J., Mannila, H., & Smyth, P. (2001). Principles of Data Mining. MIT Press.

Ghaemi, M., & Fard, A. M. (2014). Data Mining: Concepts and Techniques with Practical Approaches. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Kantardzic, M. (2011). Data Mining: Concepts, Models, Methods, and Algorithms. John Wiley & Sons.

Berry, M. J. A., & Linoff, G. S. (2004). Data Mining Techniques: For Marketing, Sales, and Customer Relationship Management. John Wiley & Sons.

Sumaryati, N., & Sudarman, S. (2013). Penerapan Data Mining untuk Menganalisis Pola Pembelian Konsumen. Jurnal Teknologi Informasi, 10(2), 123-130.

Wiradinata, M. (2015). Analisis Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen pada Toko Retail. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Munandar, A. (2017). Implementasi Data Mining untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran pada Toko Online. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 45-53.

Setiawan, F., & Prabowo, A. (2014). Penerapan Algoritma Apriori dalam Analisis Market Basket untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 3(2), 91-98.

Siregar, J. P., & Simatupang, A. M. (2016). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Produk. Jurnal Komputer dan Informatika, 5(3), 111-118.

Wahyudi, E. (2018). Optimasi Strategi Penjualan dengan Menggunakan Algoritma Apriori pada Data Penjualan Produk. Jurnal Teknologi Informasi, 11(2), 67-74.

Putri, A. S., & Nugroho, A. (2019). Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian pada Toko Elektronik. Jurnal Informatika, 6(1), 55-62.

Susanto, R. (2017). Penerapan Data Mining untuk Menganalisis Pola Pembelian pada Toko Retail. Jurnal Teknologi Informasi, 14(3), 78-85.

Saraswati, N., & Wijayanto, A. (2015). Analisis Pola Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Haryanto, A., & Sutrisno, E. (2016). Penerapan Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian pada Supermarket. Jurnal Informatika, 13(2), 99-106.

Raharjo, B., & Kusuma, W. (2018). Penggunaan Algoritma Apriori untuk Menganalisis Pola Pembelian pada Minimarket. Jurnal Teknologi Informasi, 15(1), 33-40.

Kurniawan, A., & Andriani, D. (2014). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian pada Toko Buku. Jurnal Sistem Informasi, 12(2), 123-130.

Wijaya, F., & Ningsih, Y. (2017). Analisis Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Pakaian. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(1), 77-84.

Nugraha, D., & Santoso, H. (2015). Penerapan Data Mining untuk Menganalisis Pola Pembelian pada Toko Elektronik. Jurnal Komputer dan Informatika, 10(2), 56-63.

Sulistiyono, R., & Hartono, A. (2018). Penggunaan Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian pada Toko Bahan Bangunan. Jurnal Teknologi Informasi, 17(1), 29-36.

Kusumadewi, S., & Hartati, S. (2010). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Publisher.

Purnomo, S., & Suryadi, K. (2011). Data Mining: Teknik dan Aplikasinya untuk Perusahaan Menengah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tim Redaksi. (2023). Optimasi Penjualan dengan Data Mining. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, A. (2021). Panduan Lengkap Algoritma Apriori. Retrieved from https://www.dataanalyst.com/panduan-algoritma-apriori

BPS Kota Medan. (2023). Statistik Penjualan Produk Optik di Kota Medan. Retrieved from https://www.bps.go.id/statistik-penjualan-optik

Pratama, A. D. (2020). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisis Pola Pembelian Produk di Toko Retail. Tesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Widodo, R. (2019). Penerapan Data Mining untuk Meningkatkan Penjualan di Toko Optik. Disertasi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia.

Hastuti, S. P., & Setyawan, A. (2015). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisis Pola Pembelian Produk pada Toko Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 2(2), 131-139.

Santoso, A. H., & Prasetyo, Y. E. (2013). Penerapan Data Mining untuk Market Basket Analysis pada Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, Indonesia, 64-69.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN KACAMATA DI OPTIK SURYA MEDAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 294-303. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/43

Similar Articles

1-10 of 127

You may also start an advanced similarity search for this article.