PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN MENJADIKAN VISUAL MERCHANDISING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA/PKK KUPANG KRAJAN SURABAYA)

Authors

  • Mufarrohah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Author
  • Nur Lailatul Chumairoh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Author
  • Moh. Ilham M Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Author

Keywords:

Pembelian impulsif, promosi penjualan

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion (X1) terhadap impulse buying (Y) dengan menjadikan Visual Merchandising (Z) sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan Teknik sampling sebagai metode penelitian yang bersifat kuantittatif berdasarkan data yang akan disebarkan pada responden. Penelitian ini menjadikan ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai objek penelitian dengan alasan impulse buying secara disengaja ataupun tidak sering dilakukan oleh kalangan ibu-ibu. Impulse buying adalah Keputusan pembelian sebuah produk ataupun jasa yang dilakukan secara spontanitas atau terburu, jelas. Impulse buying ini marak terjadi dikalangan Masyarakat terutama Wanita dan ibu-ibu. Demikian topik ini menarik untuk dijadikan penelitian dengan mengukur seberapa pengaruh adanya sales promotion dan visual Merchandising sehingga terjadi impulse buying.

References

Haryanti,Sri,Setyani.,Edy,Christanto,Irwan, ‘IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PADA KONSUMEN’, 2018, 362–74.

Oktivera,Elsie.‘PENGARUH SALES PROMOTION SHOPEE INDONESIA TERHADAP I,MPULSIVE BUYING KONSUMEN STUDI KASUS : IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA STIKS TARAKANITA’, 4.April (2019), 159–85.

Oktarina,Yeni.Wijaya,Ermy.‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Hodshop Bengkulu’, EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.7.1 (2019).10–22 <https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.696>.

Irfandi,adilah,Salma. ‘PENGARUH SALES PROMOTION , VISUAL MERCHANDISING DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA APLIKASI SHOPEE ( Studi Pada Mahasiswa / i Di Malang Pengguna Aplikasi Shopee )’.

Rosa,Aslamia.Widdad,A,Sari,Apria.”PENGARUH SALES PROMOTION, PERSONAL SELLING, DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE PsX PALEMBANG”,jurnal ilmiyah Manajemen Bisnis dan terapan.2015.

Gunawan,Olivia.” PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR YANG DI MEDIASI IMPULSE BUYING TENDENCY PADA “ETUDE HOUSE” GRAND CITY MALL DI SURABAYA”.2020

Ahmad,Hamzah,Mursalim,Mukhlis,Agrippina,Sartika,Armilda.” Pengaruh Word of Mouth (WOM), Visual Merchandising dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying Badda Lotong di Makassar”.Journal of Accounting Finance (JAF).Vol.2.1.2021

Aprila,Dian,Eka,.Septila,Rasulika.'Impulse Buying Pada Mahasiswa Di Banda Aceh'. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2.2 (2017), 170-83.

Yasin,Adrianto,Rio. 'Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Ma Bruschetta'.Performa. 5.5 (2021). 360-68

Arviana,H. “Pengaruh Sales Promotion, Store Atmosphere Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying” (Survei Pada Pelanggan', 2017

Ria Arifianti,Whju Gunawan,”Perilaku impulse buying dan interaksi sosial dalam pembelian di masa pandemi”,Jurnal Pemikiran dan penelitian sosiologi,vol.5,2021

Kasdi,Abdurrohman.‘PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM MEMPENGARUHI PASAR (Studi Kasus Di Pasar Bintoro Demak)’.BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. 4.2 (2016), 18

Ria.Wiyafti,Linsiya.”Perbedaan kepuasan hidup antara mahasiswa strata 1(S1) dan Strata 2 (S2)”.Seminar psikologi & kemanusiaan,2015.

Kusuma,sondjaja,Sony,Rilantiana,Rosa,Gunawan,Sri.” PENGARUH PERSEPSI DESAIN TOKO TERHADAP STORE REPATRONAGE INTENTIONS DENGAN SHOPPING EXPERIENCE COSTS SEBAGAI INTERVENING DI TOKO ELEKTRONIK “X” SURABAYA”.Jurnal manajemen teori dan terapan.2.1.2009

Ratnasari,Anne,Hamdan,Yusuf.” KEMAMPUAN PRESENTASI DALAM MEMASARKAN PRODUK USAHA”,jurnal penelitian komunikasi,vol19,2,2016

Widhiarso,Wahyu. ‘Berkenalan Dengan Variabel Moderator’, 2011, 1–5.Fakultas Psikologi UGM

Pahlevi,Rizki,Reza. “ANALISIS PERAN SALES PROMOTION GIRL (SPG) TERHADAP MEDIA PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PERUSAHAAN”2019

Setyawan,Budi,Agus.” TINJAUAN TATA LETAK (LAYOUT) ISI BUKU SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN KELAS III SEKOLAH DASAR DI PENERBIT YUDHISTIRA”2020

Muthiah,Ismah.Parwansa,A.S,Dian.,Munir,Rzak,Abdul.” PENGARUH VISUAL MERCHANDISING, DISPLAY PRODUCT, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (STUDI KASUS : KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE DI KOTA MAKASSAR)” Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship.2018

Santy,Dwi,Raeni.” DISPLAY TOKO , GAYA HIDUP DAN PEMBELIAN IMPULSIF (Penelitian Pada Konsumen Surf Inc Bandung)”Majalah ilmiah UNIKOM.2021

Sari,Kemala,Mareta.Putri,Eka,Yosi.Tanjung,Ripal.” PENGARUH DISPLAY INTERIOR, DISPLAY EKSTERIOR DAN EMOSI BERBELANJA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN TAK BERENCANA PENGUNJUNG TRANSMART PADANG DENGAN PENGALAMAN BELANJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING”jurnal Pendidikan ekonomi dan kewirausahaan,2020

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN MENJADIKAN VISUAL MERCHANDISING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA/PKK KUPANG KRAJAN SURABAYA). (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 27-34. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/5

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.