PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SDK SDI OTOMBAMBA
Keywords:
media kartu huruf, membaca permulaan, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Otombamba melalui penggunaan media kartu huruf. Membaca permulaan merupakan fondasi penting dalam penguasaan keterampilan berbahasa bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, dengan indikator keberhasilan siswa mencapai nilai minimal 70 sesuai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hanya 8 siswa (42,11%) yang mencapai ketuntasan, sementara pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (84,21%). Peningkatan ini terjadi setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, seperti penggunaan media kartu huruf secara lebih interaktif, pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, serta penerapan metode membaca seperti metode suku kata dan SAS (Struktural Analitik Sintetik). Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf secara variatif dan interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I secara signifikan.
References
Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmiyati Zuchdi & Budiasih. (2001). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamilatur Rizqiyah. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I SD. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ispirmaningati. (2017). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 31–35.
Kristiani Maria, Sonya. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 45–53.
Magdalena. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Edukasi Nusantara, 10(1), 12–20.
Mashuri. (2019). Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Prenada Media.
Muliyati. (2014). Pentingnya Penguasaan Keterampilan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–10.
Pangastuti & Hanum. (2017). Penerapan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 55–60.
Susanti. (n.d.). Pentingnya Literasi Membaca dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Tidak Diterbitkan.
Sumardjan, Hamidulloh Ibda, & Dian Marta Wijayanti. (2017). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Semarang: UPT Penerbitan dan Percetakan IAIN Salatiga.
Waridah. (2017). Pemanfaatan Kartu Huruf Sebagai Media Belajar Membaca Permulaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 131–136.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohana Nono, Helena Nensiana Songga (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





