PENGARUH MEKANISME BONUS, PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2024

Authors

  • Safina Dwi Rengganis Universitas Nusantara PGRI Kediri Author
  • Badrus Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri Author
  • Andy Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri Author

Keywords:

Mekanisme Bonus, Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Jurnal ini bertujuan menganalisis pengaruh mekanisme bonus, perencanaan pajak, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019–2024. Pendekatan kuantitatif asosiatif digunakan dengan sampel 9 perusahaan farmasi yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, mekanisme bonus dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara perencanaan pajak dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel tersebut terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen dan investor dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan nilai perusahaan, serta memperkaya literatur mengenai faktor penentu nilai perusahaan di sektor farmasi Indonesia.

References

Anisran, F., & Ma’wa, M. A. F. (2023). Pengaruh Tax Planning & Tax Avoidance terhadap Nilai Perusahaan dengan Transparansi Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 0832(4), 305–318. https://doi.org/10.25105/jat.v10i2.17104

Effivani, & Effendi, M. A. (2023). Pengaruh tax planning dan faktor lainnya terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi TSM, 3(1), 175–186. https://doi.org/10.34208/ejatsm.v3i1.1930

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia : Jakarta.

Indrarini, Silvia. 2019. Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya : Scopindo.

Jogiyanto, H. M. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. 5(7), 569 576. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210

Rini, Nurdiwayaty, & Kurniawan, (2023). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Logam Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI 2018-20222023INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sumiati., dan N. K. Indrawati. (2019). Manajemen Keuangan Perusahaan. Universitas Brawijaya Press: Malang.

Renata, Tohari, & Kurniawan. (2024). MODEL KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK UMKM DI KOTA KEDIRI2024. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan.134

Wulanningsih, S., & Agustin, H. (2020). Pengaruh investment opportunity set, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal eksplorasi akuntansi, 2(3), 3107–3124. Https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.271

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MEKANISME BONUS, PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2024. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 926-938. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/264

Similar Articles

21-30 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.