PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM:  ANALISIS LITERATUR TENTANG POTENSI DAN TANTANGANNYA

Authors

  • Yunia Hartati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu Author

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Teknologi Augmented Reality, Inovasi Pembelajaran, Interaktivitas, Tantangan Teknologi

Abstract

Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) telah menarik perhatian sebagai inovasi dalam pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan tantangan penerapan AR dalam pembelajaran PAI melalui pendekatan studi literatur. Studi ini mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan untuk mengidentifikasi manfaat AR dalam meningkatkan pemahaman konsep agama, keterlibatan siswa, dan penguatan nilai-nilai Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa AR memiliki potensi besar dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif, visual, dan mendalam, seperti simulasi ibadah dan pengajaran sejarah Islam. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, kurangnya pelatihan guru, dan biaya pengembangan konten AR yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang efektif dan kolaborasi antara institusi pendidikan, pengembang teknologi, dan pemerintah untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini memberikan wawasan teoretis yang dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut dalam penerapan teknologi AR di PAI.

References

Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 88-101.

Azizah, F. (2022). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Teknologi: Peluang dan Tantangannya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 143-158.

Diana, D. (2022). Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 45-57.

Fadilah, N., & Prasetyo, R. (2022). Potensi dan Tantangan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 8(2), 115-130.

Iqbal, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 12(2), 98-113.

Lestari, P. (2022). Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran PAI: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(3), 202-214.

Rahmat, A., & Lestari, P. (2021). Analisis Kendala Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 6(3), 147-160.

Rahmawati, S., & Sari, D. (2023). Studi Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 10(4), 200-213.

Sari, I., & Rahmawati, R. (2022). Kendala Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan di Daerah Terpencil, 15(2), 112-124.

Setiawan, D., & Hermawan, E. (2021). Augmented Reality sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 121-134.

Suparman, R. (2021). Konstruktivisme dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama, 6(1), 30-42.

Suryani, L., & Mahendra, T. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Modern: Studi Kasus pada Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(1), 25-38.

Widiastuti, S., & Suryani, L. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama, 7(1), 50-63.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM:  ANALISIS LITERATUR TENTANG POTENSI DAN TANTANGANNYA. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 324-332. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/191

Similar Articles

11-20 of 131

You may also start an advanced similarity search for this article.