ANALISIS KESESUAIAN BUKU PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS TUJUH MTs. BARANA
Keywords:
Analisis, Buku Teks , Evaluasi, KesesuaianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian buku teks bahasa Inggris yang digunakan di MTs. Barana dengan standar buku ajar yang baik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan buku teks bahasa Inggris untuk kelas 7 SMP, dan seorang guru bahasa Inggris sebagai subjek dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah wawancara dan checklist. Wawancara dilakukan dengan guru bahasa Inggris untuk mendapatkan informasi mengenai kelayakan buku teks bahasa Inggris. Peneliti menemukan bahwa berdasarkan hasil evaluasi buku teks, dari empat kategori standar buku teks yang baik, (1) terdapat satu kategori untuk buku teks 1 “When English Rings a Bell” yang memiliki nilai rendah yaitu kesesuaian grafik, khususnya untuk bagian penutup buku teks, mendapat skor persentase 60% (netral). (2) Pada buku ajar 2 “Bahasa Inggris untuk Nusantara” hanya terdapat satu kategori yang mempunyai skor rendah yaitu kesesuaian grafik khususnya pada bagian penutup buku teks dengan persentase skor sebesar 78,7% (sesuai). Secara keseluruhan, dilihat dari kebutuhan siswa terhadap buku teks bahasa Inggris, buku teks 2 lebih sesuai dengan kebutuhan mereka dibandingkan buku teks 1.
References
Afiah, N. A., Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2022). THE USE OF SOCIAL MEDIA IN LEARNING ENGLISH VOVABULARY. PERFORMANCE: Journal of English Education and Literature, 1(1).
Alhamami, M. & Ahmad, J. (2018). EFL teachers attitudes toward commercial textbooks in EFL programs. Arab World English Journal, 9(4), 69-87.
Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2021, March). Learning Strategies in English Writing used by Good Language Learners in Millennial Era: A Positive Case Study in Universitas Negeri Makassar. In PROCEEDING BOOK THE LANGUAGE TEACHER TRAINING AND EDUCATION INTERNATIONAL CONFERENCE (Vol. 1, No. 1, pp. 187-196). Program Magister Pendidikan bahasa Inggris Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2021). Learning Strategies in English Skills used by Good Language Learners in Millennial Era: A Positive Case Study in Universitas Negeri Makassar. ELT Worldwide, 8(1), 28-40.
Cunningsworth, A. (1995). Choosing your course book. Oxford: Heinemann. p.5-7.
Dollah, S., Sehuddin, M., & Sakkir, G. (2021). Motivating EFL Learners to Write Using Padlet Application. ELT Worldwide, 8(2), 240-254.
Kasmawati, K. U., & Sakkir, G. U. (2020). IMPROVING STUDENTS READING COMPREHENSION THROUGH †œSURVEY, QUESTION, READING, RECITE, REVIEW (SQ3R) †STRATEGY.
MISNAWATI, M., Sakkir, G., Puspita, N., Akbar, Z., & Yusriadi, Y. (2021). Student learning interest in COVID-19 pandemic age by blended e-learning (Asynchronous and synchronous). In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 6330-6339). IEOM Society International.
Morales, L. C. C., Urrego, L. Y. O., Rodriguez, A. M. Q., & Gonzales, P. A. R. (2010). English curriculum proposal based on a needs analysis study of efl learners in elementary grades at escuela normal superior distrital Maria Montessorri. La Salle University, School of Education B. A. in Spanish, English and French.
Muzakky, M., & Albiansyah, A. (2021). EFL teachers’ perception toward the use of “beyond” international textbook. Language Circle: Journal of Language and Literature, 15(2), 177-182.
Ratmanida & Suryanti, Y. (2020). An analysis of speaking materials in English textbook for the tenth grade of senior high school. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 463, 90.
Richards, J. C. (2001). Curriculum development in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Saputra, U. R., Maulina, M., Nasrullah, R., & Sakkir, G. (2021). Students’ Sentence Errors on WhatsApp Daily Status: A Literature Review. Celebes Journal of Language Studies, 23-31.
Sihmirmo, P. (2015). The needs analysis of English learning for the fourth and fifth graders. Eduscience, 1(1), 42.
Sudding, F. H., Dollah, S., & Sakkir, G. (2021, March). Teachers’ Nonverbal Immediacy in English Language Learning. In Proceeding book the language teacher training and education international conference (Vol. 1, No. 1, pp. 197-217). PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET.
Tomlinson, B. (2012). Materials Development for Language Learning and Teaching. Language Teaching, 45, 143.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Nurnaninsih Ali, Syarifuddin Dollah, La Sunra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.