ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MAHASISWA DITINJAU DARI SOCIAL INFLUENCE DALAM KEIKUTSERTAAN DI HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Authors

  • Aulia Dwi Anggita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Aushaffiar Iqbal R. H Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Rizky Isnaini A. C Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Author
  • Moh. Ilham Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author

Keywords:

Pengaruh Sosial, mahasiswa, HIPMI, perilaku konsumen, organisasi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkah laku konsumen mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan fokus pada pengaruh sosial ketika mereka bergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PT UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, melibatkan wawancara dan observasi kepada mahasiswa UIN Sunan Ampel yang menjadi anggota HIPMI. Sumber data terdiri atas sumber internal seperti wawancara dan sumber eksternal yaitu penelitian terdahulu. Temuan dari penelitian ini menyediakan wawasan mendalam mengenai bagaimana faktor social influence memberikan dampak perilaku konsumen mahasiswa, terutama dalam konteks partisipasi mereka di organisasi, selain itu social influence yang berupa tekanan teman sebaya dan ekspektasi sosial memberikan peningkatan retensi keanggotaan HIPMI. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang berharga bagi dunia akademis, organisasi, dan pemasar dalam merancang strategi pemasaran yang sesuai dengankonteks keanggotaan dalam organisasi kemahasiswaan.

References

Ashiddiq, Muhammad Hasbi. 2022. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Organisasi Ekstra Kampus Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Kutai Timur.” Journalism 24 (1): 62–77.

Choirul Anam, Aziz Rahmat Ma'rufi. "Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi." Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2019: 443.

Hidayat, Ardi. 1978. “Budaya Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pt. Trijaya Medika Farma: Motivasi Sebagai Moderator.” J. Electroanal. Chem. 88: 309--352.

Prisgunanto, Ilham. 2015. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Siswa.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 19 (2): 101–12.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625.

Rangkuti, R., and E. Sulistyawati. 2014. “Pengaruh Social Influence Dan Lifestyle Terhadap Niat Membeli Pada Carrefour.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3 (2): 255130.

Romadhan, Mohammad Insan, and Dewi Sri Andika Rusmana. 2017. “Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat.” Prosding Seminar, 85–90.

Elastia, P., & Hasmira, M. H. (2020). Minat Mahasiswa Universitas Negeri Padang Mengikuti Kegiatan HIPMI PT Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1).

Gamal, A. (2018). Motivasi Mahasiswa Aktif Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Ukm-Hipmi) Universitas Andalas (Studi Kasus: Anggota Ukm Hipmi Universitas Andalas) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Hidayat, Ardi. 1978. “Budaya Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pt. Trijaya Medika Farma: Motivasi Sebagai Moderator.” J. Electroanal. Chem. 88: 309--352.

Isa, M., & Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(2), 98-110.

Kusuma, T. M., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 18(2), 176-180.

Prisgunanto, Ilham. 2015. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Siswa.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 19 (2): 101–12.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1).

Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MAHASISWA DITINJAU DARI SOCIAL INFLUENCE DALAM KEIKUTSERTAAN DI HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 35-41. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/6

Similar Articles

1-10 of 93

You may also start an advanced similarity search for this article.