ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK UBI DI DESA SOBIH BANGKALAN MADURA

Authors

  • Ade Alfania Shelamarela Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Ihda Hana Asyiqotun Nabilah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Achmad Fausi Baidowi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Moh. Ilham Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author

Keywords:

Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM

Abstract

Strategi Pemasaran adalah suatu langkah yang memungkinkan seseorang atau beberapa orang mencapai apa yang diinginkan melalui aktivitas apapun yang melibatkan penciptaan suatu produk yang bernilai, menawarkannya, dan menukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau semua kegiatan yang menyangkut penyampaian produk dari produsen kepada konsumen. Tujuannya strategi pemasaran pada UMKM yaitu meningkatkan daya saing UMKM mengingat sektor UMKM saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dengan pemilik usaha UMKM dan observasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pemasaran pada kripik ubi ini dilakukan secara manual melalui toko dan pemesanan secara langsung melalui tatap muka ataupun via chat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan yang terus meningkat pada tahun 2021 hingga tahun 2023, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk kripik ubi telah terbukti efektif. Hal ini memungkinkan mereka untuk bersaing secara efektif dengan perusahaan-perusahaan kripik lainnya.

References

Agustina, Latifah, Leni Kirani, Moh Ilham, and N. A. Z. (2023). “Perilaku Konsumtif Dalam Belanja Online Memasuki Era 5.0 Dalam Perspektif Manajemen Dan Nilai-Nilai Islam.” MUDABBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 4.

Anastasia, M., & Oktafia, R. (2021). “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo.” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance., 4. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773.

Arjang, C. I. M., & Anshari, B. B. (2020). Analysis of the Effect of Marketing Mix on Business Competitiveness (Case Study of Refill Drinking Water Depot in Makassar City).

Baker, G. (2000). Marketing Management.

Camelia, P. (2021). “Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken Di Oyehe Kabupaten Nabire.” Jurnal Administrasi Bisnis (Jab): 21–24.

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2023). “Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM Di Banjar Pitik Untuk Daya Saing Usaha.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirwawas.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management.

Izvercian, M., Radu, A., & Ivascu, L. (2014). The Impact of Human Resources and Total Quality Management on the Enterprise. In Procedia-Social and Behavioral Sciences, 124, (pp. 27-33.).

Kotler, P., G. A. (1997). Principles of marketing.

Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.

Maesyaroh, Cetryn, Yanti Maleha, and A. S. (2021). “PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN DAYA SAING USAHA TERHADAP USAHA SEBLAK KUAH MERAH(STUDI KASUS UKM DI KOTA PRABUMULIH).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa EkonomiSyariah (JIMESHA), 3(1).

Monroe, A. C. R. V. R. et al. (2005). “Marketing Antecedent of Industrial Brand Equity: An.”

Mulyadi, I. (2016). “Melakukan Segmentasi Dengan Demografi.”

Natasya, V., and P. H. (2021). “Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi.” Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 141–148.

Rivai, V. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Press.

Sukirno, S. (2004). Pengantar Teori Mikroekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, Mega Romauly, S. (2021). “PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN SELERA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya Pematangsiantar).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 3(2), 291–298. https://doi.org/https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i2.185

Usman, R. (2004). Hukum Persaingan Usaha. Gramedia Pustaka Utama.

Waqfin, M. S. I., M Fanani R., and L. L. (2021). “Potensi Herbarium Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(1), 01–14.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK UBI DI DESA SOBIH BANGKALAN MADURA. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 59-66. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/11

Similar Articles

1-10 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.