OPTIMALISASI UI/UX DALAM APLIKASI MOBILE: STRATEGI MENINGKATKAN PENGALAMAN DAN KETERLIBATAN PENGGUNA
Keywords:
User Interface, User Experience, Usability, User-Centered Design, Heuristic EvaluationAbstract
Perkembangan teknologi mobile telah mendorong peningkatan jumlah aplikasi digital yang membutuhkan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang optimal agar mampu meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pengguna. Namun, banyak aplikasi masih menghadapi tantangan dalam implementasi UI/UX yang efektif, seperti kurangnya pemahaman terhadap preferensi pengguna, minimnya pengujian usability, serta keterbatasan sumber daya dalam pengembangannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi optimalisasi UI/UX dalam aplikasi mobile dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang membahas implementasi User-Centered Design (UCD) sebagai pendekatan utama dalam perancangan UI/UX, penerapan Heuristic Evaluation untuk mengidentifikasi masalah usability, serta tantangan dan rekomendasi dalam optimalisasi UI/UX di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan UCD dapat meningkatkan kepuasan pengguna dengan menyesuaikan desain berdasarkan kebutuhan pengguna. Selain itu, evaluasi heuristik terbukti efektif dalam mengidentifikasi dan memperbaiki aspek usability aplikasi mobile. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa optimalisasi UI/UX memerlukan strategi yang berorientasi pada pengguna, evaluasi usability yang berkelanjutan, serta peningkatan pemahaman pengembang terhadap prinsip UI/UX yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang aplikasi mobile untuk menciptakan desain yang lebih efektif dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal
References
Abdullah, H. F., & Tantri, A. H. (2023). Algoritma Pencarian Pada Ipusnas : Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR). Seminar Nasional Sistem Informasi. https://scholar.google.com/
Adiwinata, K., Nugraha, B., & Ridwan, T. (2024). PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN DESAIN UI/UX WEBSITE SMAN 5 KARAWANG. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4591
Amalia, A. (2024). DIGITALISASI KESEHATAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN. Medical Journal of Nusantara (MJN).
Arifin, I. N., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool (Vol. 3, Issue 2). http://j-ptiik.ub.ac.id
Aulia, A. H., Utami, S. T., Ma’rifah, T. U., & Kresna A, I. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Mobile E-Commerce Ecoprint Cimemo.id dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(7), 319–331. https://doi.org/10.52436/1.jpti.539
Bağcı, H., & Pekşen, M. F. (2018). Investigating the Smart Phone Addictions of Vocational School Students from Different Variables. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(4), 40–52. https://doi.org/10.17220/mojet.2018.04.004
Baran, F., & Muryani, S. (2024). Metode Heuristic Untuk Analisa UI/UX Website SMP Cahaya Harapan 1. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer. https://doi.org/10.33395/remik.v8i2.13660
Durgekar, S. R., Rahman, S. A., Naik, S. R., Kanchan, S. S., & Srinivasan, G. (2024). A Review Paper on Design and Experience of Mobile Applications. In EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems (Vol. 11, Issue 3, pp. 1–6). European Alliance for Innovation. https://doi.org/10.4108/eetsis.4959
Faridha, S., Yulianti, S., & Sugiarti, Y. (2024). Metode Perancangan User Interface yang Paling Umum Digunakan: Systematic Literature Review. Binary Digital-Technology, 7(1). https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1467
Felix, A., Stefanus, K. A., Kusuma, W. N., Hanny, G., & Debbyana, W. S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Experience Dalam Pembelian Tiket Konser Pada Tiket.Com. Economics and Digital Business Review, 5, 653–661.
Ghozali, M. I., Murti, A. C., & Muzid, S. (2023). Analisis Penggunaan Metode User-Centered Design dalam Peningkatan Akseptabilitas SIMPELMAS. Media Online), 4(2), 1200–1206. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1317
Hartanto, S. (2024). Analisis penerapan UI/UX dalam aplikasi media sosial: Dampaknya terhadap keterlibatan pengguna dan loyalitas platform. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 7(4), 2128–2137. https://doi.org/10.31004/jutin.v7i4.36161
Hutabarat, R. S., & Sudaryana, K. (2024). User-Centered Design pada User Interface (UI) / User Experience (UX) Prototyping Aplikasi E-Commerce. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains, 2(4), 89–99. https://doi.org/10.54066/jptis.v2i4.2781
Ilham Pradhana, F., & Budi Cahyono, A. (n.d.). Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Mobile Startup Sajiloka dengan Lean UX.
Kholik, A., Soegiarto, A., & Sari, W. P. (2024). Strategi Komunikasi Visual dalam User Interface (UI) dan User Experience (UX) Untuk Membangun Kepuasan Pengguna. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 335–344. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i4.1358
Kurnia Wirawan, D., & Maria, E. (2024). PENERAPAN METODE HEURISTIC EVALUATION UNTUK EVALUASI USER INTERFACE APLIKASI LAZADA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 7.
Madona, A., & Sutabri, T. (2024). Analisis UI/UX Dalam Perspektif Antropologi Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Website eL TV Balai Diklat Keagamaan Palembang. Router: Jurnal Teknik Informatika Dan Terapan, 2, 161–167. https://doi.org/10.62951/router.v2i4.298
Nelwan, C. K., Mamahit, D. J., Sugiarso, B. A., & Yusupa, A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 45–54.
Nugroho, A. S., Setia, A., & Ariyanto, S. (2024). Implementasi Metode User-Centered Design Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Voting Kepengurusan Muhammadiyah Cabang Paguyangan. Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(1).
Nurkhoir, M. S. D., Febrita, R. E., & Ratri, A. A. (2024). PENGEMBANGAN UI/UX PADA PLATFORM BELANJA ONLINE TOYSPACE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(6).
Putra, ZE. F. F., Ajie, H., & Safitri, I. A. (2021). Designing A User Interface and User Experience from Piring Makanku Application by Using Figma Application for Teens. International Journal of Information System & Technology Akreditasi, 5(3), 308–315. https://www.figma.com/design/
Rachman, A., Saputra, Y. A. D., Hafidz, M., Sugiman, Z. A. I., & Sahria, Y. (2024). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INTEGRASI TEKNOLOGI FINANSIAL “FIHUB” MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3884
Rahmadani, N., & Fardida, S. N. (2024). Peran UI/UX Pada Layanan Aplikasi Mytelkomsel Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 220–227. https://doi.org/10.56910/safari.v4i3.1655
Rethlefsen, M. L., Kirtley, S., Waffenschmidt, S., Ayala, A. P., Moher, D., Page, M. J., Koffel, J. B., Blunt, H., Brigham, T., Chang, S., Clark, J., Conway, A., Couban, R., de Kock, S., Farrah, K., Fehrmann, P., Foster, M., Fowler, S. A., Glanville, J., … Young, S. (2021). PRISMA-S: an extension to the PRISMA Statement for Reporting Literature Searches in Systematic Reviews. Systematic Reviews, 10(1). https://doi.org/10.1186/s13643-020-01542-z
Risdiyanti, L. N. (2023). Aplikasi Mobile Health Sebagai Upaya Meningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Anak Dengan Penyakit Kronis Pada Seting Home Hospital. Jurnal Teknologi Kesehatan (Journal of Health Technology).
Risky, H. A., Irmayanti, D., & Totohendarto, M. H. (2023). REDESIGN UI/UX APLIKASI MOBILE MY PERTAMINA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, Vol. 7 No. 3.
Sentana, K. W. P., Faridzky, F., Sudarma, M., Arsa, I. M., Suyadna, & Khrisne, D. C. (2024). Analisis Ui/Ux Pada Desain Oase Menggunakan Metode Heuristicevaluation. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 527–538. https://doi.org/10.5281/zenodo.10467416
Suhadi, S. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP PELAYANAN BPJS. Jurnal Kesehatan, 15(1), 11–23. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.15977
Syukron, F. W. (2023). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.
Tarigan, V., Syahputra, R., Saputra, P. H., & Yusupa, A. (n.d.). Seleksi Fitur Dengan Menggunakan Metode Entropy Pada Algoritma Klasifikasi Naive Bayes Untuk Penyakit Diabetes. 8(2).
Wiwesa, N. R. (2021). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN. In Jurnal Sosial Humaniora Terapan (Vol. 3, Issue 2). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2
Yusupa, A., Kalua, A. L., & Tarigan, V. (2024). Digitalization of MSMEs Businesses in Boalemo Regency: Strategies and skills enhancement. Community Empowerment, 9(4), 602–608. https://doi.org/10.31603/ce.10384
Yusupa, A., Sitompul, B. J. D., & Robot, J. R. (2023). Digital marketing counseling as a marketing strategy for MSMEs in facing the Covid-19 pandemic in Manado City. Community Empowerment, 8(2), 286–292. https://doi.org/10.31603/ce.8797
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Paendong, Jeremia Lelemboto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.