PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BERBAHAN ORGANIK STUDI KASUS: CAMILAN DAPUR NONA UJUNGBATU
Keywords:
Digital Marketing, Daya saing UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh digital marketing terhadap peningkatan daya saing UMKM berbahan organic studi kasus: cemilan dapur nona UjungBatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah costumer yang telah membeli produk cemilan dapur nona ujungbatu pada januari 2024-desember2024. Dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 73 (tujuh puluh tiga) costumer yang membeli pada bulan desember 2024yang ditentukan berdasarkan kriteria. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji parsial variabel Digital Marketing terhadap Daya saing terdapat pengaruh positif dan signifikan. Hal ini karena nilai koefisien bernilai positif sebesar b1 = 0,865, dengan thitung > t tabel (16.968 >1,66629) dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Daya Saing. Hal ini karena Digital Marketing merupakan Metode Pemasaran yang efektif Pada Cemilan dapur Nona Ujungbatu
References
Ahmad, S., Maulana, W., Yani, M., & Pebrianggara, A. (2024). Digital Marketing Strategy For Business Development And Increasing Competitiveness At Umkm Coffee In Sidoarjo. In Management Studies And Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 2). Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
Bambang, R. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal Produktif, 3.
Hananto, D., Nurhaliza, A., Kamiliya, R., & Zahra, S. A. (N.D.). Jurnal Pemasaran Bisnis Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Era Digital. Https://Journalpedia.Com/1/Index.Php/Jpb/Index
Nur Faizah, E., & Majid, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 54–64. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V40i2.130
Pasaribu, R. (2021). Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan. Journal Of Economics And Business, 2(1). Https://Doi.Org/10.36655/Jeb.V2i1.495
Sanjaya, R., Hastuti, T. D., & Koeswoyo, G. F. (2019). Accounting-Based E-Marketplace For Smes. Omeaconf.
Saputra, H., Bina, S., & Banjarmasin, B. (2017). Pengaruh Budaya Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Misransyah Akos. Http://Ejournal.Stiabinabanuabjm.Ac.Id/Index.Php/Administraus
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing Umkm. Journal Of Economics, Management, Business, And Entrepreneurship, 1(1). Https://Doi.Org/10.31537/Jembe.V1i1.1275
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & ... (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Keju Lasi). Jurnal Manajemen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juliana lubis, Hendry kuriawan, Ratna Dewi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.