MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI PEMBELAJAR JURUSAN NON-BAHASA INGGRIS
Keywords:
Bahasa Inggris, Motivasi, Pembelajar Non-Bahasa InggrisAbstract
Studi ini mengeksplorasi motivasi untuk belajar bahasa Inggris di antara siswa jurusan non-bahasa Inggris, dengan fokus khusus pada motivator instrumental dan integratif. Dengan menggunakan kuesioner, data dikumpulkan dari 137 peserta di Universitas Negeri Makassar untuk menilai motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Motivasi instrumental mengacu pada manfaat praktis belajar bahasa Inggris, seperti meningkatkan prospek karir dan kinerja akademik, sedangkan motivasi integratif berkaitan dengan keinginan untuk terhubung dengan budaya dan komunitas berbahasa Inggris. Temuan mengungkapkan bahwa motivasi instrumental (misalnya meningkatkan prospek pekerjaan adalah pendorong utama untuk studi bahasa Inggris mereka) serta motivasi integratif (misalnya keinginan untuk berkomunikasi dengan penutur asli dan terlibat dalam pertukaran budaya). Studi ini menyoroti perlunya strategi pendidikan yang mengatasi kedua jenis motivasi, mendorong pendekatan yang lebih seimbang untuk pembelajaran bahasa yang menumbuhkan keterampilan praktis dan apresiasi budaya.
References
Bradford, A. (2007). Motivational orientations in under-researched FLL contexts: Findings from Indonesia. RELC Journal, 38(3), 302-323.
Dörnyei, +Z. (2001). Motivational strategies in the language classroom: Cambridge University Press Cambridge.
Dörnyei, Z. (1998). Motivation in second and foreign language learning. Language Teaching, 31(3), 117-135.
Engin, A. O. (2009). Second language learning success and motivation. Social Behavior and Personality, 37(8), 1035-1041.
Gardner, R. C., & Lambert, W. E. (1972). Attitudes and Motivation in Second-Language Learning.
Huang, F., & Wang, Y. (2013, December). Analysis of learning motivation in foreign language acquisiton: how do non-english majors’ motivation impacts learning outcome. In 2013 International Conference on the Modern Development of Humanities and Social Science (pp. 159-162). Atlantis Press.
Lamb, M. (2007). The Impact of School on EFL Learning Motivation: An Indonesian Case Study. TESOL Quarterly, 41(4), 757-780. https://doi.org/10.1002/j.1545-7249.2007.tb00102.x
Nuraeni, N., & Aisyah, S. (2020). UNDERSTANDING EFL STUDENTS’MOTIVATION TO LEARN: WHY DO YOU STUDY ENGLISH?. Jurnal Bahasa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indrawaty Asfah, Dwi Damayanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.