ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS KEMARAYA KENDARI: LITERATURE REVIEW
Keywords:
analisis kepuasan pasien, pelayanan farmasi, puskesmasAbstract
Kepuasan pasien mencerminkan reaksi emosional yang muncul setelah pasien mengevaluasi layanan kesehatan yang diterimanya dengan harapan atau ekspektasi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kemaraya Kendari serta mengidentifikasi berbagai faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tersebut. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada urgensi untuk menilai mutu layanan farmasi yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode purposive sampling selama periode Agustus hingga September 2025. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang dirancang untuk mengevaluasi lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu keandalan, daya tanggap, empati, jaminan, dan aspek fisik. Diharapkan hasil studi ini mampu memberikan pemahaman yang mendalam mengenai mutu pelayanan kefarmasian serta aspek-aspek yang perlu ditingkatkan guna mendorong peningkatan kepuasan pasien. Temuan penelitian ini diharapkan turut berkontribusi dalam pengembangan standar kualitas pelayanan farmasi di Puskesmas serta menjadi landasan dalam upaya perbaikan layanan kesehatan yang berfokus pada kebutuhan dan kepuasan pasien. masyarakat berpenghasilan rendah, terutama kelompok rentan
References
Adi, L., Suardiani, K., Kadek, N., Nanda, P., Studi, P., Tiga, D., Tinggi, S., & Mahaganesha, F. (2024). VISA : Journal of Visions and Ideas VISA : Journal of Visions and Ideas. VISA: Journal of Visions and Ideas, 4(3), 2581–2593.
Cahyani, T. D., Suryanti, L., Studi, P., Farmasi, S., Kesehatan, F., Widya, S., Husada, D., Pelayanan, K., Sakit, R., & Asih, S. (2024). Level of satisfaction of outpatients with pharmaceutical services at the Sari Asih Hospital Ciputat. JIFIN: Jurnal Ilmiah Farmasi Indonesia, 2(2), 66–76.
Faizah, N., Yogananda, A. A., Halal, F. I., Nahdlatul, U., & Yogyakarta, U. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rsud Umar Mas ’ Ud Bawean Level Of Patient Satisfaction With Pharmaceutical Care At Umar Mas ’ Ud Bawean Hospital. Journal Homepage: Jofar.Afi.Ac.Id, 79–85.
Fitriani, D., Nilansari, A. F., & Rosita, M. E. (2024). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Unisia 24 Taman Sari. Jurnal Ilmiah Farmasi Akademi Farmasi, 7(2), 57–70.
Handayani, R., Qamariah, N., & Putri, B. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Sukamara Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Service at Sukamara Hospital. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 38 – 46.
Hidayah, N., Sitepu, N., Hilda, H., Masniah, M., & Ulina, K. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Upt Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai, Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes Medan. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 9(1), 27–35.
Iskandar, N. I., & Chandra, F. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Farmasi Dan Fasilitas terhadap Tingkat Kepuasan
Krisna, V., Ulfa, N. M., & Prasetya, R. A. (n.d.). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Unit Farmasi Puskesmas Dupak Surabaya. 1–9.
Masyithah, N. (2021). Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan farmasi di Apotek Selakau Farma. JOFAR: Jurnal Farmasi, 6(2), 28–35. Diakses dari http://jofar.afi.ac.id
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan... Diakses dari [URL resmi Kemenkes, jika tersedia]
Raihana, N., Saputra, H., & Perriyanty, F. (2023). Analisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Raden Mattaher Jambi. Midwifery Health Journal, 8(1), [
Suprihathin, A. S. (2023). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian Puskesmas Malawili Kabupaten Sorong (Skripsi, Volume 4, Nomor 1, hlm. 88–100).
Susiyarti, Purgiyanti, & A, D. A. P. (2025). Profil Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Delima
Syafitri, A., Sinaga, J. P., Ayu, P., & Ariescha, Y. (2021). Analisis hubungan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Sembiring tahun 2021. Jurnal Penelitian Farmasi & Herbal, 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nani Yuniar, Dinda Putri Aprilia, Niken Patricia Ramdhan, Miftahul Wahidah, Atriani Atriani, Nuur Liyana, Fatimah Nur Zaqiyah, Lala Auliya, Ardinawati Ardinawati, Hajratul Asfa, Aisyah Nurul Musyarrafah, Fifi Nirmala G, Chikita Ratu Sintiya (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.