PROSES KREATIVITAS RIDWAN SAU DALAM MENCIPTAKAN LAGU POP MAKASSAR
Keywords:
Proses Kreatifitas, Ridwan Sau, Lagu Pop MakassarAbstract
Penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengangkat fakta, keadaan, dan fenomena-fenomena yang dialami oleh Ridwan Sau dalam proses kreativitasnya dalam menciptakan lagu pop Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara bebas dan terbuka. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang selaku narasumber serta perilaku yang diamati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk proses kreativitas Ridwan Sau dalam menciptakan lagu pop Makassar dan bagaimana proses pendokumentasian karyanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreativitas Ridwan Sau terbagi atas 4 tahap yaitu, yang pertama tahap person (pribadi) dalam tahap ini menjelaskan tentang proses pengumpulan ide dalam menciptakan sebuah lagu. Kedua tahap process (proses) pada tahap ini Ridwan Sau memulai dengan persiapan, inkubasi, pencerahan, dan verifikasi, proses tersebut sesuai dengan konsep teori Wallas tentang proses kreativitas individu. Ketiga tahap press (dorongan) pada tahap ini Ridwan Sau dalam menciptakan sebuah lagu mendapatkan dorongan dari dua aspek yaitu pribadi dan lingkungan keluarga. Keempat product (produk) pada tahap ini Ridwan Sau telah melahirkan karya sebanyak 5 album yang didalamnya terdiri dari 30 lagu dan 2 album kompilasi. Selanjutnya adalah pendokumentasian karya Ridwan Sau dalam menciptakan lagu pop Makassar terdiri dari dua bentuk yaitu hardcopy (salinan dokumen dalam bentuk cetak) dan softcopy (salinan dokumen dalam bentuk file/elektronik).
References
Banoe, Pono. 2011. Kamus Musik Cetakan ke 6. Yogyakarta: Kanisius.
Basuki, Sulistyo (dalam Purwono), 1989. Dasar-dasar Dokumentasi. Jakarta. Universitas Terbuka.
Makmur, A. 2015. Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Smp N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech. Vol 1, No 1 (2015): Sumatera Utara
Pramudita, Mylanta. 2016. Pembelajaran Lagu Daerah Dalam Menanamkan Apresiasi Siswa Kelas V Di SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metode Penelitian. Semarang: Cipta Prima Nusantara
Sarwinah. 2014. Relevansi Nilai Sastra Pada Lirik Lagu Ridwan Sau Dengan Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Kota Makassar (Suatu Pendekatan Struktual Genetik). Jurnal Konfiks. Vol 1, No 1 (2014): Program Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
Shuker, Roy. 2001. Understanding Popular Music. Edisi Kedua. London & New York: Routledge.
Sit, Masganti dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Penerbit Perdana Mulya Sarana.
Sugiyono. 2008. Metode Peneltian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PenerbitAlfabeta.
Trinanda, Brian. 2002. Mencermati Fenomena Musik Pop Daerah Dewasa Ini: Yogyakarta.
Tri Astuti, Yulia. 2015. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Puisi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Weisberg, R. W. (2006). Creativity: Understanding Innovation in Problem Solving, Science, Invention, and The Arts. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Ainun Januar Syam, Nurlina Syahrir (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.