IMPLEMENTASI MANAGEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH DAN ADAB DI PAUD NURUSSALAMSUKAMULYA KABUPATEN PURWAKARTA
Keywords:
Implementasi, manajemen kurikulum, PendidikanAbstract
Pendidikan berbasis fitrah dan adab merupakan kurikulum khas yang dimplementasikan di Paud Nurussalam Sukamulya Purwakarta, kurikulum ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi fitrah yang dibawa sejak lahir yang diiringi dengan internalisasi atau pembiasan adab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan berbasis fitrah di Nurussalam Sukamulya Purwakarta, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif Manajemen pendidikan berbasis fitrah dan adab di Nurussalam Sukamulya Purwakarta dilaksanakan dengan penegembangan karakter keteladanan, pengmbangan logika dan daya cipta, pengembangan leadership serta pengembangan mental wirausaha. Adapun nilai-nilai adab yang di internalisasikan pada proses pendidikan di Nurussalam Sukamulya Purwakarta dikenal dengan 18 sikap Nurussalam yaitu hormat, jujur, mutu, bersih, kasih sayang, sabar, sukur, ikhlas, disiplin, tanggungjawab, khusyu‟, rajin, berfikir positif, ramah, rendah hati, qonaah, taqwa dan istiqomah. Sikap-sikap tersebut dikembangkan dengan pendidikan berbasis fitrah dan adab yang meliputi fitrah individu, fitrah sosial, fitrah bahasa, fitrah bernalar, fitrah belajar serta fitrah perkembangan jasamani.
References
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Arifin Zainal. (2015). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini .
Hartley. (2011). Strategi Belajar Mengajar. In Hamdani, M.A. (p. 114). Pustaka Setia.
Muliawan. (2018). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak.
Pendukung, F., & Fatimatuzzahroh, D. P. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BAHASA ARAB. In Jurnal Pendidikan Ilmiah (Vol. 7, Issue 1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
T. Hani Handoko. (2013). Manajemen (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Tedjo N. Reksoatmojo. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama.
Yanto Musthofa. (2017). Bahasa Mencerdasakan Bangsa . Bekasi: Yayasan Batutis Al Ilmi,.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvia Rahmah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.