PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X DISMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Bimbingan Kelompok, bullyingAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada dikalangan siswa, permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu perilaku bullying yang terus meningkat, maka untuk melihat seberapa tinggi perilaku tersebut peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 14 Medan. Permasalahan yang terlihat dari pertemanan yang dilakukan oleh siswa baik dari segi berbicara maupun perbuatan. Seperti memukul teman, mengejek, menggunakan perkataan kasar, memberikan komentar di medsos dengan gaya bahasa yang tidak baik. Penelitian ini ditunjukkan setelah diberikan nya perlakuan kepada 8 orang siswa. Layanan bimbingan kelompok sebagai bentuk perlakuan yang peneliti berikan untuk melihat apakah ada penurunan dari perilaku bullying pada siswa. Pengaruh nyata didapatkan dari hasil uji regresi linier yang peneliti lakukan untuk mengetahui adakah suatu pengaruh dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok di dapatkan hasil bahwa F hitung= 6.600 dengan tingkat signifikansi / probabilitas 0.015<0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variable perilaku bullying.
References
Amelia, I. (2021). TOXIC DI MEDIA SOSIAL DALAM PANDANGAN ALQUR’AN (Studi Terhadap Surah An-Nisa’: 148 Dan Surah Al-Mumtahanah: 02). (Doctoral Dissertation) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Amin, M., Wajdi, R., & Syukri, S. (2020). Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar). Jurnal Komunikasi Dan Organisasi J-KO, 2(2), 93–111.
Amrina, P. (2014). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Bbelajar Siswa Kelas VII Di SMP N 31 Samarinda. Jurnal Motivasi, 1 (1), 278-294.
Ardiansyah, P. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas x IPK Di MAS Plus Padang Ganting. SKRIPSI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Padang .
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asyah, N., Putri, R. F., & Putri, R. F. (2023). Pelaksanaan Teknik Bimbingan dan Konseling Bagi Guru Untuk Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Altafani, 2(2), 251-259.
Asyah, N., Putri, R. F., & Putri, R. F. (2023). Pelaksanaan Teknik Bimbingan dan Konseling Bagi Guru Untuk Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Altafani, 2(2), 251–259. https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.152
Atika, J., & Wirastania, a. (2022). Efektifitas Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peilaku Bullying Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Surabaya. V, 9, 264-271.
Darmayanti, Kurniawati, & Sitomorang. (2019). Bullying di Sekolah Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 1-59.
Dewi, I. S., Dalimunthe, N. P., & Nursakbaniah. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5077–5081.
Dianes , N. (2019). Kecendrungan Perilaku Bullying Di SMP Negeri 12 Padang Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi Universitas Negeri Padang . Padang .
Effendi, R., & Lubis, W. U. (2023). Upaya Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Fokus Grup Diskusi ( FGD ) dengan Pendekatan Nilai Karakter Religius pada Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Yayasan Rumah Sehat Harapan Binjai. 05(03), 9010–9018.
Fadillah, S. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5 (2).
Fakhrani Idzni, Z., & Azmi saragih, N. (2022). Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Perilaku Bullyingpada Siswa Kelas Ix Smp Swasta Karya Jaya Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022. Inovasi Penelitian, 3(5), 6233–6242.
Ginanjar, C. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Terhadap Pemahaman Peilaku Bulllying Peserta Didik Kelas VII B MTS AL-Asror. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung . Lampung.
Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 88-95.
Hartanti , J. (2022). Bimbingan Kelompok. Surabaya: UD Duta Sablon.
Hayati, R., & Lubis, W. U. (2019). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA Rini Hayati 1) , Widya Utami Lubis 2). 1, 1480–1482.
Helmalia, P., & Asyah, N. (2021). Hubungan Self Management Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa
Kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.A 2021/20222. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Hermanita, W., Asyah, N., & Lisma, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Disscussion ( FGD ) Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa SMK Negeri 1 Perbaungan. Empaty: Guidance Counseling J, 1(1), 1–9.
Khadapi M Al Hamiki, Widya Utami Lubis, R. H. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Khairiyah, A., & Asyah, N. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Kedisiplinan Di Sekolah Oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Eria Medan. Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 132–140. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/733%0Ahttps://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/download/733/632
Khofifah, N. A. S. (2022). 2) 1,2. 3(5), 6205–6214.
Kurnia, I. (2020). Bullying. Yogyakarta: Istana Media .
Kurniawan, D., & Pranowo, T. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Fokus Konseling, 4 No 1, 126-135.
Nisa Apriyani, I. S. D. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Dengan TeknikFocus Group Discussion Terhadap Motivasi Belajarsiswa Kelas X Di SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Journal Educational Research and Sosial Studies, 3(3), 1–10.
Nurul Azmi Saragih, N. B. S. (2022). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2021-2022. ALACRITY : Journal of Education, 2(2), 78–84. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i2.85
Prayatna, A. (2010). Lets End Bullying Memahami, Mencegah & Mengatasi Bullying. jakrta : PT Elex Media Komputindo.
Rahayu , D. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Bullying Pada siswa Kelas XII MA Negeri 1 Magelang. Skripsi, Universitas Muhammadiyah. Magelang.
Rahman, A. (2019). Pengaruh Teknik Role Playing Pada Bimbingan Kelompok Terhadap Berkurangnya Perilaku Bullying Siswa Bemasalah Di SMK Negeri 1 Baru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 no 2.
Sapitri , W. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Guepedia.
Saragih, N. A., Putri, E., & Asmah, N. (2018). Pengaruh Gender Terhadap Interaksi Sosial Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Smp. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 1(1), 21. https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i1.512
Saragih, Nurul Azmi, Nur Asmah, E. P. (2019). INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP DALAM LAYANAN BIMBINGAN Konsep belajar berakar pada pihak peserta didik dan konsep pada pihak pendidik . Kegiatan belajar mengajar melibatkan beberapa komponen ; yaitu peserta didik , guru , tujuan pendidikan atau pembelajaran ,.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Syahfitri, A., & Dewi, I. S. (2022). ALACRITY : Journal Of Education. 2(2), 85–97.
Tanjung, N. (2020). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Korban Bullying Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 57 Modern. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara . Medan .
Widya Utami Lubis, S. F. Z. (2023). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. ALACRITY : Journal of Education, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.52121/alacrity.v3i1.113
Wulandari, I., & Irmayanti, R. (2019). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMA. 2 No 4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska Ridha Aulia, Nurul Azmi Saragih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.