PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP GAYA DAN GERAK

Authors

  • Maria Renya Rosari Weti Universitas Flores Author
  • Maria Natalia Mama Universitas Flores Author
  • Anastasia Apriliyanti Ona Universitas Flores Author

Keywords:

Hasil belajar siswa, metode eksperimen, gaya dan gerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya dan gerak pada siswa kelas IV di sd Onekore 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sd Onekore 4 dengan jumlah siswa 10 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap konsep gaya dan gerak. Pada siklus I, presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 40% dan terjadi peningkatan pada siklus ke II yaitu 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya dan gerak di sd Onekore 4.

References

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Guntur Zainal, Z., & Yusmira. (2022). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 156–164.

Henniwati, H. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424

Kalangi, V. P., & Zakwandi, R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 266–276. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.218

Widia, W., & Rachmiati, W. (2016). Penigkatan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan IndonesiaPage, 8(2), 249–266.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP GAYA DAN GERAK. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 767-772. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/247

Similar Articles

21-30 of 209

You may also start an advanced similarity search for this article.