PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI TERHADAP PEMBENTUKAN BUDAYA POSITIF SISWA
Keywords:
Pembelajaran Berdifrensiasi, Budaya PositifAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya nya pengaruh pembelajaran berdefrensiasi terhadap pembentukan budaya positif di Kelas V SD Negeri 38 Pao-Pao Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V di SD Negeri 38 pao-Pao Kecamatan Malunda Kabupaten Majene yang berjumlah 31 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran sebelum penerapan pembelajaran berdefrensiasi menunjukkan kategori sedang dan setelah penerapan pembelajaran berdefrensiasi menunjukkan kategori sangat tinggi dan budaya positif dapat digambarkan pada hasil belajar diperoleh yaitu pada pretest mendapatkan nilai sedang sedangkan pada posttest mendapatkan sangat tinggi serta penerapan pembelajaran berdefrensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan budaya positif khususnya di Kelas V SD Negeri 38 Pao-Pao kecamatan Malunda kabupaten Majene
References
Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Sudjana, N. 2017. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Raja Grafinda Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asrina, Abdul Saman, Ahmad Syawaluddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.