PEMANFAATAN PLATFORM TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF: ANALISIS RESPON SISWA BERDASARKAN KREATIVITAS KONTEN, INTERAKTIVITAS, DAN EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN INFORMASI
Keywords:
Tik Tok, Pembelajaran Kreatif, Kreativitas Konten, Interaktivitas, Efektivitas Penyampaian InformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan platform Tik Tok sebagai media pembelajaran kreatif serta dampaknya terhadap respons siswa berdasarkan tiga indikator utama: kreativitas konten, interaktivitas, dan efektivitas penyampaian informasi. Dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial seperti Tik Tok telah merambah ke dunia pendidikan dan menjadi alternatif menarik dalam menyampaikan materi pelajaran secara visual, ringkas, dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Sampel sebanyak 126 siswa dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Tik Tok sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa. Tik Tok terbukti mampu mendorong kreativitas, menciptakan komunikasi dua arah yang aktif, serta membantu penyampaian materi dengan cara yang lebih mudah dipahami. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar pendidik memanfaatkan Tik Tok secara strategis untuk mendukung pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan dengan kehidupan siswa masa kini.
References
Alfiandra, A., Susanti, E., Manangsang, A., Adila, R., Dameliza, O., & Nauval, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Tik Tok bagi Guru PPKn sebagai Sumber Belajar Peserta Didik. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 07(02), 899–909. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5925
Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Simpanan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equlibrium, 7(2), 179–192. https://doi.org/https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i2.658 179
Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 03(01), 120–130. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505
Devi, A. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal EPISTEMA, 03(01), 307–311. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.64
Fajriani, F., Aprilia, N. N., Harahap, I., & Mulyeni, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok Dalam Proses Pembelajaran. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 06(01), 346–352. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1962
Fatmawati, & Anjasari, P. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tingkat SMP. Al Urwatul Wutsqa, 01(02), 13–26. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/6565
Fauziyah, N., Ramadhini, A., Wardhana, K. E., & Hidayat, A. F. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Era Globalisasi Digital. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 03(03), 167–182. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126
Iskandar, N. M., & Rasmitadila. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi. Karimah Tauhid, 03(02), 2270–2287. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11945
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 06(01), 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i1.1041
Pebrimireni, D., & Fauziya, D. S. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 02(03), 169–178. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/download/359/307/682
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Ruslan Afendi, A., Fauziyah, N., Rohan Saputra, M., & Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital. Borneo Journal of Islamic Education, 03(01), 2023. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6257
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Afabeta.
Suryana, H., Nugraha, D., Ekonomi, F., Bisnis, D., Trisakti, U., Awareness, B., Engagement, B., Awareness, B., & Intention, P. (2025). Peran Instagram dalam Meningkatkan Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 13(03). https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v13i3.9584
Utami, W. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Teks Drama. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 03(02), 223–231. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3184
Wisnujati, N. P., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Konten Kreatif Tik Tok Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 04(01), 96–104. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1180
Zahwa, S., Fadillah, M. A., Umar, T., & Hadi, S. (2024). Pengaruh Konten Tik Tok @sejarahseru.id Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 18(02), 143–152. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.4143
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jonathan Acel, Riril Mardiana Firdaus , Walipah Walipah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.