PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Cimahi)
Keywords:
E-Service Quality, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan PenggunaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh E-Service Quality dan Kemudahan Penggunaan terhadap Kepuasan Pengguna baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Penelitian ini yang menjadi unit analisis adalah individu yaitu pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Cimahi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability insidental sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan pengujian validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan pada variabel eksogen (E-Service Quality dan Kemudahan Penggunaan) terhadap variabel endogen (Kepuasan Pengguna). Implikasi dari penelitian ini adalah E-Service Quality penting untuk ditingkatkan apabila semakin baik pelayanan pada pengguna Aplikasi Mobile JKN, maka Kepuasan Pengguna akan semakin meningkat, dan Kemudahan Penggunaan penting untuk ditingkatkan apabila semakin memudahkan pengguna Aplikasi Mobile JKN maka Kepuasan Pengguna akan semakin meningkat.
References
Amin, M., Rezaei, S., & Abolghasemi, M. (2014). User satisfaction with mobile websites: the impact of perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU) and trust. Nankai Business Review International, 5(3), 248–274.
Davis. (2019). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and UserAcceptance of Technology. Journal of MIS Quarterly.
Davis, Bagozzi, & Warshaw. (2019). User Acceptance of ComputerTechnology: A Comparison of Two Theoritical Models. Journal ofManagement Science Vol 35.
Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Managemen 15th Editon. Pearson Education,Inc.
Nawangsari, S., & Putri, N. D. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bni Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking Di Kota Depok). Jurnal Ilmiah MATRIK, 1(22).
Safitri, N., Lasiyono, U., & Arprabowo, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Gojek Di Wilayah Terminal Purabaya Bungurasih. Sustainability Business Research, 2(2), 174–183.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bnadung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Andi.
Virgianne, Y., Ariani, N. M., & Suarka, F. M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Wisatawan Nusantara di AiryRooms Kecamatan Kuta Bali. Jurnal keparawisataan dan Hospitalitas, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Doni Dirgantara Asikin, Chumaidulloh Alam (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.