MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SDI ONEKORE 6
Keywords:
Ketrampilan Membaca Siswa, Media Kartu Kata, Penggunaan Kartu Kata, Metode PengajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDI Onekore 6 Kabupaten Ende dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDI Onekore 6 tahun pelajaran 2023/2024. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 65 dan ketuntasan kelas 80%.
References
Amri, Sofyan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Adawiah, Siti Robiah, dkk, 2018. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Onomatope Di MA Tanjungjaya, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 6, h. 898-899.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Depdiknas.,Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung. Angkasa.
Elliot dalam Sanjaya Wina (2012, h. 25), Penelitian tindakan kelas. Jakarta :Erlangga Subyantoro dalam Iskandar Dadang (2015, h. 15), Penelitian tindakan kelas dan publikasinya, Ihya media.Elliot dalam Sanjaya Wina (2012, h. 25), Penelitian tindakan kelas. Jakarta :Erlangga(http://www.eureka pendidikan.com/2015/06 /pengertian-dan-prinsipprinsip.html).
Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyati, Yeti dkk. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Halimatonsakdiah, dkk. 2016.Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung dengan APE Flashcard di TK Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini(online) vol 1(1): 116,(http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/429/490,diakses pada 8 November2019).
Khoeriyah,N., Marwadi,M.penerapan media pembelajaran tematik integrative dan altrnatif sekolah dasar. Mulyono Abdurrahman. (2003). PendidikanBagi Anak Berkesulitan. Jakarta: RinekaCipta.
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif
Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media Group.--Mulyono Abdurrahman. (2003). PendidikanBagi Anak Berkesulitan. Jakarta: Rineka Cipta.
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif BerbasisKearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2),63Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V5i2.11444
Muyasaroh,S.2017. Meningkatkan Kemampuan berbicara Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang, Jurnal Paud Teratai.Vol 3, No 6.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: JurnalBimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64. Rachmawati, L. A., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(3), 770–777.
Yunaili, H., & Riyanto. (2020). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak.10(2).https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/view/18282.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Virgilius Bate Lina, Merdiana Ndasa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.