PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DARUSSALAM MANUJU

Authors

  • Muhammad Rusli Universitas Islam Makassar Author

Keywords:

Pojok Baca, Minat Baca, Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca berita pada siswa dan keterampilan membaca berita SMP Islam Darussalam Manuju. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Darussalam Manuju, Desa Manuju Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII dan Guru di SMP Islam Darussalam Manuju. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa dalam membaca berita yang disajikan oleh penulis. Membaca berita dapat melatih alat artikulasi, intonasi, jeda, dan menambah pengetahuan siswa mengenai informasi teraktual dan terfaktual. Penggunaan pojok baca juga efektif digunakan dalam membaca, khususnya membaca berita karena dapat melatih kepercayaan diri dan meningkatkan semangat belajar dan membaca pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai-nilai yang diperoleh siswa, yaitu yang mendapatkan nilai A (80-85 sebanyak 7 siswa, nilai B (72,5- 77,5) sebanyak 7 siswa, nilai C (67,5) sebanyak 1 siswa. Secara keseluruhan, nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam keterampilan membaca berita pada pojok baca adalah 7,76 yang termasuk ke dalam predikat baik. Setelah itu peningkatan membaca siswa dapat dilihat setelah adanya pojok baca dan dilakukannya peran pojok baca pada peresen minat baca pada siswa yaitu 54,9%.

References

Agung Rimba Kurniawan. Universitas Jambi. Volume 3, Nomor 2, Desember 2019.h.49.

Alfiana handina nugroho: jurnal. implementasi gemar membaca melalui program pojok baca dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas viii di smpn 2 sumber.h.1.

Aprilia Haryanti. Jurnal : keterampilan membaca teks berita dengan metode bermain peran pada siswa smpn 87 jakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.2021. hal.75.

Crawley, S.J. & Mountain, L. (1995). Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon.

Dahlia Patiung: Jurnal. Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. h.362-364.

Djaali, Psikologi Pendidika, Jakarta: Bumiaksara, 2006, 123

Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (Kwl) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri Di Temanggung. Pengaruh Strategi Know Want To Learn (Kwl) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri Di Temanggung, 1(1), 53-64.

Jenny Yandryati: Jurnal. Kemampuan membacakan teks berita pada siswa kelas viii 1 smp negeri 3 kota bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Universitas Bengkulu 2017.hal.69.

Kemendikbud. (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan Area Baca untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Hermintoyo. (2020). Pengaruh pojok baca terhadap peningkatan minat baca siswa di smp negeri 3 Pati. Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, S.H, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275.

Ma’mur, Lizamudin. (2010). Membangun Budaya Literasi, Jakarta: Diadit Media

Nababan, P. W. J. (1993). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudiana, Nyoman. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Pudingi.

Nurhadi. (2008). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Nas. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saddhono, K. (2012). Fenomena pemakaian bahasa Jawa sebagai bahasa ibu pada sekolah dasar kelas rendah di kota Surakarta: Sebuah kajian sosiolingustik. Surakarta: Sebelas Maret University.

Suparni. (2015). Peningkatan hasil belajar membaca teks berita menggunakan media teks berjalan.

Suhor, C. (1984). Report on Trends and Issues in English: A summary of report from the NCTE Commisions. 10pp. ED 239-290.

Soyli,S.,Halidjah,s.,& Margiyati, K. Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Kerja Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(7), 2-12. 10.21009/JPD.081.13

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djamaroh, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (2013). Membaca: Sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211.

Djumingin, Sulastriningih. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Teori dan Penerapannya. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Urhan, Nurgiyantoro. (2016) Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DARUSSALAM MANUJU. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 186-193. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/24

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.