PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dores Okta Feri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Author
  • Juliana Batubara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Author
  • Nurfarida Deliani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Author

Keywords:

Psikologi Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar, Pengembangan Karakter

Abstract

Psikologi Pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, dengan pendekatan yang mengedepankan pengembangan aspek kognitif, afektif, dan spiritual siswa sejak usia dini. Kurikulum Merdeka memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan potensi mereka, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menyeluruh dan adaptif. Psikologi Pendidikan Islam memberikan panduan untuk memahami kebutuhan psikologis dan spiritual siswa, serta cara yang tepat untuk mengembangkan karakter dan kecerdasan mereka sesuai dengan nilai-nilai agama. Dalam konteks Sekolah Dasar, penerapan psikologi pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan relevan, yang memperhatikan keseimbangan antara pengembangan intelektual dan moral. Artikel ini membahas bagaimana psikologi pendidikan Islam dapat diintegrasikan dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter, spiritualitas, dan prestasi akademik siswa secara menyeluruh.

References

Al-Ghazali, H. (2004). Ihya' Ulum al-Din (Vol. 1). Cairo: Dar al-Ma'arif.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Pedoman Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Muhammad, A. (2009). Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Rosda Karya.

Sagala, S. (2016). Konsep dan Makna Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian Pendidikan: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarman, B. (2016). Integrating Islamic Psychology and Education: Principles and Practices. Istanbul: Cambridge Scholars Publishing.

Wahyudi, D. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, M. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 32-37. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/144

Similar Articles

11-20 of 101

You may also start an advanced similarity search for this article.