PENGARUH MEKANISME BONUS, PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2024
Keywords:
Mekanisme Bonus, Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstract
Jurnal ini bertujuan menganalisis pengaruh mekanisme bonus, perencanaan pajak, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019–2024. Pendekatan kuantitatif asosiatif digunakan dengan sampel 9 perusahaan farmasi yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, mekanisme bonus dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara perencanaan pajak dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel tersebut terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen dan investor dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan nilai perusahaan, serta memperkaya literatur mengenai faktor penentu nilai perusahaan di sektor farmasi Indonesia.
References
Anisran, F., & Ma’wa, M. A. F. (2023). Pengaruh Tax Planning & Tax Avoidance terhadap Nilai Perusahaan dengan Transparansi Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 0832(4), 305–318. https://doi.org/10.25105/jat.v10i2.17104
Effivani, & Effendi, M. A. (2023). Pengaruh tax planning dan faktor lainnya terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi TSM, 3(1), 175–186. https://doi.org/10.34208/ejatsm.v3i1.1930
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia : Jakarta.
Indrarini, Silvia. 2019. Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya : Scopindo.
Jogiyanto, H. M. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. 5(7), 569 576. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210
Rini, Nurdiwayaty, & Kurniawan, (2023). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Logam Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI 2018-20222023INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sumiati., dan N. K. Indrawati. (2019). Manajemen Keuangan Perusahaan. Universitas Brawijaya Press: Malang.
Renata, Tohari, & Kurniawan. (2024). MODEL KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK UMKM DI KOTA KEDIRI2024. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan.134
Wulanningsih, S., & Agustin, H. (2020). Pengaruh investment opportunity set, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal eksplorasi akuntansi, 2(3), 3107–3124. Https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.271
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Safina Dwi Rengganis, Badrus Zaman, Andy Kurniawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.