IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI GAYUNGAN II/423 SURABAYA
Keywords:
Karakter Religius, Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Implementasi Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dilakukan dengan berbagai cara. Adapun cara yang dilakukan yaitu dengan menerapkan P5 dalam pembelajaran, pembiasaan yang dilakukan setiap hari melalui budaya sekolah, dan peran guru dalam penanaman karakter religius. Implementasi karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan perilaku peserta didik yang dimana sudah menerapkan nilai-nilai religius dengan baik seperti tidak mencontek dalam mengerjakan tugas, menghormati guru baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, saling menghormati dengan teman, bersikap sopan dan santun, menjalankan ibadah tepat waktu, dan hidup rukun dengan teman meskipun berbeda agama.
References
Abdillah, A., & Syafe’i, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02
Afandi, M., Wahyuningsih, S., Yustiana, S., Kusumadewi, R. F., & Rachmadtullah, R. (2023). Correlation of Work Discipline and Pedagogical Competence to Teaching Performance in Elementary Teacher. International Journal of Instruction, 16(4), 189–208. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16412a
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Andrianie, S. (2021). Karakter Religius: Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter.
Erlanda, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Herdiansyah. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7176–7181. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2108
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2020). Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1285
Iryanto, N. D. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77.
Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 115–120.
Lathifah, Z. K., & Rusli, R. K. (2019). Pembiasaan Spiritual Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 3(1), 14. https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1649
Mahmudiyah, A. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Rasmitadila, R., & Syamsi, A. (2024). Teacher Perceptions in Implementing Religious Character Education in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 2024, 139–147. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15261
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Retnani Srinarwati, D. (2022). Teacher’s Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School. KnE Social Sciences, 2022, 202–209. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12442
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). Elementary school teachers’ perceptions of the potential of metaverse technology as a transformation of interactive learning media in Indonesia. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(1), 128–136. https://doi.org/10.53894/ijirss.v6i1.1119
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., Wicaksono, J. W., & Rasmitadila. (2023). The utilization of metaverse technology applications based on science, technology, engineering and mathematics (Meta-STEM) to improve critical thinking skills. Journal of Education and E-Learning Research, 10(4), 778–784. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i4.5203
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2213612
Rohana, S., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Project Based Learning Model on Critical Thinking Ability Seen from Cognitive Style in Elementary Schools. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.10
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students’ Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 58–69. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i10.6182
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021
Winandar, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Mata Pelajaran PKN Dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pada Kehidupan Sosial. Journal on Education, 3(3), 263–269. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.367
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elsa Zaidaturrizqi, Reza Rachmadtullah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.