PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS XI SMAN 3 ENREKANG
Keywords:
Media Pembelajaran, Perangkat Keras Komputer, Augmented RealityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer pada mata pelajaran informatika berbasis Augmented Reality khususnya untuk Kelas XI SMAN 3 Enrekang, yang bertujuan untuk memperkenalkan media pembelajaran 3D dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan penerapan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui berbagai metode, termasuk wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan untuk SMA Negeri 3 Enrekang telah terbukti layak digunakan berdasarkan pengujian kegunaan, usability dan portabilitas. Evaluasi tersebut meliputi berbagai aspek, di antaranya: (1) Fungsionalitas, yang dinilai oleh dua orang ahli sistem dengan hasil nilai 1 kategori layak untuk diterapkan; (2) Kegunaan, yang mencapai tingkat persentase 88,52% dan dikategorikan sebagai "Sangat Baik"; (3) Portabilitas yang dapat beroperasi dengan baik di berbagai jenis android dan versinya dan menghasilkan nilai X=1 dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan layak digunakan untuk media pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer pada mata pelajaran informatika di SMAN 3 Enrekang.
References
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.
Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A. A., & Suciyati, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 36-43.
Hardiyansyah, A., Doyan, A., Jufri, A. W., Susilawati, S., & Jamaluddin, J. (2019). Analysis of Validation Development of Learning Media of Microscope Digital Portable Auto Design to Improve Student Creativity and Problem- Solving Ability. Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iradatul Wahdania, Jamaluddin Jamaluddin, Abdul Wahid (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.