PENGARUH KURIKULUM HOMESCHOOLING DAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOME SCHOOLING ANAK BERBAKAT DENPASAR BALI

Authors

  • Siti Husnah Universitas Kh. Abdul Chalim Author

Keywords:

Kurikulum Home Schooling, pendidikan inklusif, minat belajar, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan Penerapan kurikulum homeschooling, mendeskripsikan hubungan program pendidikan inklusif, Untuk mendeskripsikan hubungan kurikulum Home schooling dan pendidikan inklusif terhadap dengan minat belajar siswa ABK di homeschooling anak berbakat Denpasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Hasil penelitian ini ialah: 1) Terdapat hubungan signifikan penerapan kurikulum homeschooling terhadap minat belajar siswa ABK di Home Schooling Anak Berbakat , ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,556 > 1,673) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). 2) Terdapat hubungan signifikan program pendidikan inklusif dengan minat belajar siswa ABK Home Schooling Anak Berbakat Denpasar, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,648 > 1,673) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). 3) Terdapat hubungan signifikan penerapan Kurikulum Home Schooling dan pendidikan inklusif terhadap minat belajar siswa siswa ABK Home Schooling Anak Berbakat, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 10,917 lebih besar dari pada F tabel (10,917 > 3,16 ) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).

References

ARIFIN, SAMSUL. 2024. “MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI SDLB DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO.” MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM 6(2): 2.

Bahri, Syaiful. 2022. “Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” Ilmu pendidikan 4(1): 1.

Haliqa, Salsabila. 2024. “Analisis Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi.” manajemen pendidikan 6(3).

Musfah, Jejen. 2017. “Pengembangan Kurikulum Di Komunitas Homeschooling Kak Seto Pusat.” jurnal manajemen pendidikan 2(1): 3.

Oktavianto, Fajar Arian. 2016. “MANAJEMEN KURIKULUM HOMESCHOOLING.”

PENDIDIKAN, NOMOR 129 TAHUN 2014 MENTERI, and REPUBLIK INDONESIA. 2014. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA.

Prahagia, Yelvia. 2003. “ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM.” Pendidikan Vokasi 2(1).

Sari, Lukita. 2017. “SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.” pendidikan.

Sukinah. 2010. “Implementasi Pendidikan Insklusif.”

Suryana. 2024. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Prespektif Pembangunan Mutu Pendidikan.”

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

PENGARUH KURIKULUM HOMESCHOOLING DAN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOME SCHOOLING ANAK BERBAKAT DENPASAR BALI. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 333-338. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/192

Similar Articles

11-20 of 113

You may also start an advanced similarity search for this article.