RESPON MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA
Keywords:
Respon Mahasiswa, Video Animasi, Flash Cards, Kosa kataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan video animasi dan kartu flash untuk meningkatkan pencapaian kosakata di YP PGRI 4 Makassar. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMP YP PGRI 4 Makassar pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel terdiri dari 20 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumennya mencakup angket berisi 20 item untuk mengumpulkan reaksi dan kritik siswa. Nilai rata-rata setiap pernyataan pada item kuesioner adalah 3,1 yang termasuk dalam kategori “Baik”. Artinya sebagian besar responden setuju dengan pernyataan tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dan kartu flash dalam meningkatkan penguasaan kosakata efektif bagi siswa. Hasil ini menegaskan bahwa siswa setuju bahwa penggunaan video animasi dan kartu flash dapat diterima dalam membantu siswa selama pembelajaran penguasaan kosakata.
References
Afiah, N. A., Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2022). THE USE OF SOCIAL MEDIA IN LEARNING ENGLISH VOVABULARY. PERFORMANCE: Journal of English Education and Literature, 1(1).
Arsyad, A. (2011) Learning Media. Jakarta: Rajawali Press.
Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2023, July). Online-Based English Vocabulary Learning Model in the New Normal Era. In 2nd World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2022) (pp. 16-23). Atlantis Press.
Atmowardoyo, H., Sakkir, G., & Sakkir, R. I. (2023). Students' English Skills and Their Ways of Learning. Celebes Journal of Language Studies, 333-338.
Center, I. R. (2016). Kunci Inggris; Solusi Semua Permasalahan Bahasa Inggrismu. Yogyakarta: Inspira. Hal 16.
Febriansyah, I. (2015). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Bingo Game for Grade X of SMAN 4 Purworejo in the academic year of 2014/2015.Thesis: SMAN 4 Purworejo, Indonesia.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Jackson, H. (2013). Words, Meaning and Vocabulary. New York. Cassell.
Megawati, F. (2016). Students’ difficulties in achieving English learning in a comprehensive manner effective. Pedagogia: Journal of education, 5(2), 147-156
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122.
Pariati (2018) The Use of Animation Film to Increase the Narrative Writing Abilities Among the Tenth Grade of SMK PGRI in Academic Year of 2017/2018.
Rachman, R. A. (n.d.). Suka Nonton Marvel? Yuk, Kenali Dulu Sejarah Film Animasi. Aplikasi Bimbingan Belajar Online #1 di Indonesia. https://www.ruangguru.com/blog/yuk-mengenal-sejarah-animasi.
Richards, J, P, J. & W, H. (1985). Longman Dictionary of Applied Linguistics. London: Longman.
Rohmatillah. (2015). A Study on Students' Difficulties in Learning Vocabulary. English Education: Journal of English Teaching and Research, 1(2), 105-118.
Said, M, M. (2021). English vocabulary. Bandung: cv. Media sains Indonesia.
Setiawati, N. S., Sunra, L., & Sakkir, G. (2023). EFL Teacher's Strategies in Online Learning Environment at SMK Nasional Makassar. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 3(4), 519-530.
Setyatama, R. D. (2020). The Effectiveness of using Animation Video for Vocational High School Students to Improve Vocabulary (the Academic Year of 2019/2020).
Sudding, F. H., Dollah, S., & Sakkir, G. (2021, March). Teachers’ Nonverbal Immediacy in English Language Learning. In Proceeding book the language teacher training and education international conference (Vol. 1, No. 1, pp. 197-217). PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET.
Suhardi, N. A., Muliati, A., Sakkir, G., & Villarama, J. A. (2023). Increasing Students’ Vocabulary Using Fairy Tales at SMKN 6 Makassar. Journal of Language Learning and Assessment, 73-80.
Tibar, S. 2018. The Students’ Vocabulary Mastery of Computer Terms of the Second Grade at SMK Komputer Muhammadiyah Palopo. Department of English Education FKIP-UNCP.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elsofly Dit Yamtel Ngabalin, Nurdin Noni, Geminastiti Sakkir (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.