PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK GUNA MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA INDUSTRI BAKPAO FATIMAH DI DESA DAYO KECAMATAN TANDUN
Keywords:
digital marketing, inovasi produk, minat beli, strategi pemasaranAbstract
Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan preferensi konsumen, persaingan bisnis di industri kuliner semakin ketat. Untuk meningkatkan minat beli, digital marketing dan inovasi produk menjadi strategi utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap minat beli pelanggan pada bisnis Bakpao Fatimah di Desa Dayo, Kecamatan Tandun. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan bersama dengan survei. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda setelah dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 96 orang yang berpartisipasi. Penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan inovasi produk memengaruhi minat beli konsumen secara positif dan signifikan. Studi ini menemukan bahwa daya tarik dan loyalitas konsumen dapat ditingkatkan melalui penggunaan digital marketing yang efektif dan inovasi produk yang berkelanjutan.
References
Ahcmady, A. C. N., & Wardhani, N. I. K. (2022). Citra Merek, Inovasi Produk pada Minat Beli Ulang Es Krim di Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1118–1125. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1382
Drucker, P. (2022). The Discipline of Innovation Chapter in On Innovation. Harvard Business Review.
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Kotler, P. (2020). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Benyamin Molan, Edisi VII. PT Indeks Kelompok Gramedia.
Mahesti, D., & Risko Faristiana, A. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Pada UMKM Bakpao Ijo Lumer. Sarwahita, 18(02), 157–171. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.5
Purnama, N. P. I. B., & Sari, N. K. M. D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga dan Inovasi Produk terhadap Minat Pembelian (Studi pada UMKM Ncasa Stone Curving Gianyar). Jurnal Emas, 4(1), 227–236.
Pyrnama, R., & Sari, N. K. M. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 78–92.
Reka, M., & Islamuddin, I. (2024). Analisis Digital Marketing dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(2), 45–60.
Ryan, D. (2023). Marketing Strategies in the Digital Era. Pearson Education.
Saputra, J. A., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Bentuk Kemasan Terhadap Minat Beli Produk Tahu. JEMS Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.36085/jems.v4i1.4438
Sari, R. P., & Islamuddin, I. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Toko Jaya Rasa Bengkulu). Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 5(1), 34–46. https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/186
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ihsan Almuhyidin, Hendry Kurniawan, Heffi Christya Rahayu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.