PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK GUNA MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA INDUSTRI BAKPAO FATIMAH DI DESA DAYO KECAMATAN TANDUN

Authors

  • Ihsan Almuhyidin Universitas Pasir Pengaraian Author
  • Hendry Kurniawan Universitas Pasir Pangaraian Author
  • Heffi Christya Rahayu Universitas Pasir Pangaraian Author

Keywords:

digital marketing, inovasi produk, minat beli, strategi pemasaran

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan preferensi konsumen, persaingan bisnis di industri kuliner semakin ketat. Untuk meningkatkan minat beli, digital marketing dan inovasi produk menjadi strategi utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap minat beli pelanggan pada bisnis Bakpao Fatimah di Desa Dayo, Kecamatan Tandun. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan bersama dengan survei. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda setelah dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 96 orang yang berpartisipasi. Penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan inovasi produk memengaruhi minat beli konsumen secara positif dan signifikan. Studi ini menemukan bahwa daya tarik dan loyalitas konsumen dapat ditingkatkan melalui penggunaan digital marketing yang efektif dan inovasi produk yang berkelanjutan.

References

Ahcmady, A. C. N., & Wardhani, N. I. K. (2022). Citra Merek, Inovasi Produk pada Minat Beli Ulang Es Krim di Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1118–1125. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1382

Drucker, P. (2022). The Discipline of Innovation Chapter in On Innovation. Harvard Business Review.

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Kotler, P. (2020). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Benyamin Molan, Edisi VII. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Mahesti, D., & Risko Faristiana, A. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Pada UMKM Bakpao Ijo Lumer. Sarwahita, 18(02), 157–171. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.5

Purnama, N. P. I. B., & Sari, N. K. M. D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga dan Inovasi Produk terhadap Minat Pembelian (Studi pada UMKM Ncasa Stone Curving Gianyar). Jurnal Emas, 4(1), 227–236.

Pyrnama, R., & Sari, N. K. M. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 78–92.

Reka, M., & Islamuddin, I. (2024). Analisis Digital Marketing dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(2), 45–60.

Ryan, D. (2023). Marketing Strategies in the Digital Era. Pearson Education.

Saputra, J. A., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Bentuk Kemasan Terhadap Minat Beli Produk Tahu. JEMS Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.36085/jems.v4i1.4438

Sari, R. P., & Islamuddin, I. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Toko Jaya Rasa Bengkulu). Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 5(1), 34–46. https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/186

Downloads

Published

2025-04-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK GUNA MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA INDUSTRI BAKPAO FATIMAH DI DESA DAYO KECAMATAN TANDUN. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(02), 474-478. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/203

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

11-20 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.