PEMETAAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: DASAR TEORI DAN IMPLEMENTASI DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Siswa Sekolah Dasar, Pemetaan Konsep, Tinjauan Literatur Naratif, Implementasi Kurikulum MerdekaAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai respons terhadap keberagaman kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Artikel ini bertujuan untuk memetakan konsep pembelajaran berdiferensiasi melalui metode Narrative Literature Review (NLR), menelusuri dasar teori yang melandasinya, serta mengkaji implementasinya di tingkat sekolah dasar. Tinjauan literatur naratif ini mensintesis berbagai sumber teoretis dan hasil penelitian relevan untuk menyajikan gambaran komprehensif. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berakar pada filosofi pendidikan yang mengakui keunikan setiap individu, sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Konsep ini berdiri di atas pilar utama berupa diferensiasi konten (apa yang dipelajari), proses (bagaimana mempelajarinya), produk (cara menunjukkan pemahaman), dan lingkungan belajar (suasana dan penataan kelas). Implementasi di sekolah dasar menuntut guru untuk melakukan asesmen diagnostik berkelanjutan guna memetakan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Strategi yang dapat diterapkan meliputi pengelompokan fleksibel, penggunaan materi ajar yang beragam, serta penilaian autentik yang variatif. Meskipun menawarkan solusi ideal untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa, implementasinya menuntut perubahan paradigma, pengembangan profesionalisme guru, serta dukungan sistemik dari sekolah.
References
Achmad, W. K. S., Rachman, S. A., Aras, L., & Amran, M. (2024). Differentiated instruction in reading in elementary schools: a systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). https://api.semanticscholar.org/CorpusId:268615352
Aprima, D., & Sari, S. (2025). Implementation of Differentiated Learning in Improving Problem-solving Skills in Collaborative Projects Based on Science and Technology. INOMATIKA. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:276253723
Asnawi, A., Sahudra, T., Ramadhani, D., Kenedi, A., Aosi, G., Wardhana, M. R., & Khalil, N. A. (2023). Development of Digital Diagnostic Test Instruments for Differentiated Learning Process in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:266953234
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2). https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649
Farid et.al. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Fauji, I. (2023). LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR. INSTITUT PTIQ JAKARTA.
Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329
Hasibuan, R. H., & Ningsih, A. D. (2023). Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:267705693
Hayati, R., Prima, W., & Jumiarti, D. (2024). Optimizing Differentiated Instruction in Sekolah Penggerak: A Case Study at the Elementary School Level. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:271556476
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1). https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915
Ita Puspitasari, Putri Hasanah Kusumaningrum, Septiana Ardiningsih, Sulisetias Dinarti, & Teni Wahyuningsih. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Mengatasi Keberagamaan Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2720
Kharisma, A. I., Suryaning, A. F., Ati, M. Z., Selfi, R., Putri, Y., & Pendas, J. C. (2024). DEVELOPING OF DIFFERENTIATED NATURAL AND SOCIAL SCIENCE LEARNING TOOLS IN MERDEKA CURRICULUM IN ELEMENTARY SCHOOLS. Jurnal Cakrawala Pendas. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270020483
Lailiyah, S., Arrifadah, Y., Sadieda, L. U., Sutini, S., Yanti, A., & Sari, F. M. (2024). Analysis of Madrasah Ibtidaiyah Teachers’ Understanding of Differentiated Learning Training for Merdeka Curriculum. Profesi Pendidikan Dasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:272825887
Liu, P. (2021). Applying Differentiated Instruction in Elementary Classrooms: Practice and Reflection of Student Teachers. Journal of Education and Practice. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:251401841
Moosa, V., & Shareefa, M. (2019). Implementation of Differentiated Instruction: Conjoint Effect of Teachers’ Sense of Efficacy, Perception and Knowledge. Anatolian Journal of Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:214331251
Nuraini, N., & Ramadan, Z. H. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.570
Nurhidayah, N., Najitama, F., & Komara, E. (2023). Implementation of Differentiation Learning in Elementary School: Study of Participants in The Driving School Program. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82474
Nurwidiawati, D., Dhini, D. A., & Patras, Y. (2024). An implementation of primary school differentiated learning. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270630466
Oloo, O. M., & Florence, A. M. (2023). Learning Profile Mapping for Differentiated Instruction Implementation. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:260594115
Punggeti, R. N., & Prijambodo, R. F. N. (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Merdeka di SDN Aeng Panas 1. Nusantara Journal of Education and Social Science, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.69959/nujess.v2n1.60
Putu, N., Astuti, E., Suastra, W., Arnyana, I. B., Komang, I., Kusuma, N., Markandeya, I., Bali, & Bangli, B. I. (2023). IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED LEARNING TO IMPROVE EDUCATIONAL SCIENCE AND CHARACTER LEARNING OUTCOMES OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). https://api.semanticscholar.org/CorpusId:260723569
Romlah, R., & Adhi Suciptaningsih, O. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFFRERENSIASI PADA KELAS I SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.9
Sari, D. M., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., Ummah, S. K., & Admoko, S. (2023). A Literature Review of the Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Education Units. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:263721639
Setiyono, Y. C. P., Sulianto, J., & Rakhmawati, D. (2025). The Implementation of the Pancasila Student Profile in Differentiated Learning for Fifth Grade at Supriyadi Elementary School, Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:278609469
Silmi, T. A., Lubis, A., & Maulidi, A. (2025). Model Differentiated Learning in 21st Century Education: A Systematic Review of Strategies, Results, And Challenges. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:278242712
Wertsch, J. V. (2008). From Social Interaction to Higher Psychological Processes. Human Development, 51(1), 66–79. https://doi.org/10.1159/000112532
Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). IMPLEMENTASI ASSEMEN DIAGNOSTIC UNTUK MENENTUKAN PROFIL GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratna Novita Punggeti, Raden Firman Nurbudi Prijambodo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.