PEMETAAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: DASAR TEORI DAN IMPLEMENTASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja Author
  • Raden Firman Nurbudi Prijambodo Universitas Wiraraja Author

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Siswa Sekolah Dasar, Pemetaan Konsep, Tinjauan Literatur Naratif, Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai respons terhadap keberagaman kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Artikel ini bertujuan untuk memetakan konsep pembelajaran berdiferensiasi melalui metode Narrative Literature Review (NLR), menelusuri dasar teori yang melandasinya, serta mengkaji implementasinya di tingkat sekolah dasar. Tinjauan literatur naratif ini mensintesis berbagai sumber teoretis dan hasil penelitian relevan untuk menyajikan gambaran komprehensif. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berakar pada filosofi pendidikan yang mengakui keunikan setiap individu, sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Konsep ini berdiri di atas pilar utama berupa diferensiasi konten (apa yang dipelajari), proses (bagaimana mempelajarinya), produk (cara menunjukkan pemahaman), dan lingkungan belajar (suasana dan penataan kelas). Implementasi di sekolah dasar menuntut guru untuk melakukan asesmen diagnostik berkelanjutan guna memetakan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Strategi yang dapat diterapkan meliputi pengelompokan fleksibel, penggunaan materi ajar yang beragam, serta penilaian autentik yang variatif. Meskipun menawarkan solusi ideal untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa, implementasinya menuntut perubahan paradigma, pengembangan profesionalisme guru, serta dukungan sistemik dari sekolah.

References

Achmad, W. K. S., Rachman, S. A., Aras, L., & Amran, M. (2024). Differentiated instruction in reading in elementary schools: a systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). https://api.semanticscholar.org/CorpusId:268615352

Aprima, D., & Sari, S. (2025). Implementation of Differentiated Learning in Improving Problem-solving Skills in Collaborative Projects Based on Science and Technology. INOMATIKA. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:276253723

Asnawi, A., Sahudra, T., Ramadhani, D., Kenedi, A., Aosi, G., Wardhana, M. R., & Khalil, N. A. (2023). Development of Digital Diagnostic Test Instruments for Differentiated Learning Process in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:266953234

Berliana, D., & Atikah, C. (2023). TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963

Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2). https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649

Farid et.al. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Fauji, I. (2023). LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR. INSTITUT PTIQ JAKARTA.

Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

Hasibuan, R. H., & Ningsih, A. D. (2023). Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:267705693

Hayati, R., Prima, W., & Jumiarti, D. (2024). Optimizing Differentiated Instruction in Sekolah Penggerak: A Case Study at the Elementary School Level. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:271556476

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1). https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915

Ita Puspitasari, Putri Hasanah Kusumaningrum, Septiana Ardiningsih, Sulisetias Dinarti, & Teni Wahyuningsih. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Mengatasi Keberagamaan Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2720

Kharisma, A. I., Suryaning, A. F., Ati, M. Z., Selfi, R., Putri, Y., & Pendas, J. C. (2024). DEVELOPING OF DIFFERENTIATED NATURAL AND SOCIAL SCIENCE LEARNING TOOLS IN MERDEKA CURRICULUM IN ELEMENTARY SCHOOLS. Jurnal Cakrawala Pendas. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270020483

Lailiyah, S., Arrifadah, Y., Sadieda, L. U., Sutini, S., Yanti, A., & Sari, F. M. (2024). Analysis of Madrasah Ibtidaiyah Teachers’ Understanding of Differentiated Learning Training for Merdeka Curriculum. Profesi Pendidikan Dasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:272825887

Liu, P. (2021). Applying Differentiated Instruction in Elementary Classrooms: Practice and Reflection of Student Teachers. Journal of Education and Practice. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:251401841

Moosa, V., & Shareefa, M. (2019). Implementation of Differentiated Instruction: Conjoint Effect of Teachers’ Sense of Efficacy, Perception and Knowledge. Anatolian Journal of Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:214331251

Nuraini, N., & Ramadan, Z. H. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.570

Nurhidayah, N., Najitama, F., & Komara, E. (2023). Implementation of Differentiation Learning in Elementary School: Study of Participants in The Driving School Program. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82474

Nurwidiawati, D., Dhini, D. A., & Patras, Y. (2024). An implementation of primary school differentiated learning. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270630466

Oloo, O. M., & Florence, A. M. (2023). Learning Profile Mapping for Differentiated Instruction Implementation. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:260594115

Punggeti, R. N., & Prijambodo, R. F. N. (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Merdeka di SDN Aeng Panas 1. Nusantara Journal of Education and Social Science, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.69959/nujess.v2n1.60

Putu, N., Astuti, E., Suastra, W., Arnyana, I. B., Komang, I., Kusuma, N., Markandeya, I., Bali, & Bangli, B. I. (2023). IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED LEARNING TO IMPROVE EDUCATIONAL SCIENCE AND CHARACTER LEARNING OUTCOMES OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). https://api.semanticscholar.org/CorpusId:260723569

Romlah, R., & Adhi Suciptaningsih, O. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFFRERENSIASI PADA KELAS I SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.9

Sari, D. M., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., Ummah, S. K., & Admoko, S. (2023). A Literature Review of the Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Education Units. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:263721639

Setiyono, Y. C. P., Sulianto, J., & Rakhmawati, D. (2025). The Implementation of the Pancasila Student Profile in Differentiated Learning for Fifth Grade at Supriyadi Elementary School, Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:278609469

Silmi, T. A., Lubis, A., & Maulidi, A. (2025). Model Differentiated Learning in 21st Century Education: A Systematic Review of Strategies, Results, And Challenges. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:278242712

Wertsch, J. V. (2008). From Social Interaction to Higher Psychological Processes. Human Development, 51(1), 66–79. https://doi.org/10.1159/000112532

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). IMPLEMENTASI ASSEMEN DIAGNOSTIC UNTUK MENENTUKAN PROFIL GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMETAAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: DASAR TEORI DAN IMPLEMENTASI DI SEKOLAH DASAR. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 907-914. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/261

Similar Articles

11-20 of 125

You may also start an advanced similarity search for this article.