HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA DENGAN EFIKASI DIRI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MALUNDA KABUPATEN MAJENE
Keywords:
Kepemimpinan kepala sekolah, Disiplin kerja, Efikasi diriAbstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja dengan efikasi diri guru sekolah dasar di kecamatan Malunda kabupaten Majene. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar di kecamatan Malunda kabupaten Majene yang berjumlah 178 guru. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 guru. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja dengan efikasi diri guru.
References
Asmani, J. M. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Professional. DIVA Pres Anggota IKAPI.
Baron, A. A. & B., D. 2020. Psikologi Sosial Jilid I Edisi ke-10. Erlangga.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.
Handoko, T. H. 2011. Manajemen. BPFE.
Hasibuan. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Haji Masangung.
Hermino.2020. Nasib Tua Lamban Gool, Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan, 1(1), 10.
Lazaruth, S. 2022. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya Cet. VI. Kanisius.
Mulyasa, E. 2020. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Remaja Rosdakarya.
Rabadi. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 70.
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Rivai, V. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers.
Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Sadar. 2015. Hubungan Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Santrock, J. W. (2020). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Skalvik, E. M., &. Skalvik, S. 2017. Dimensions of Teacher Self-efficacy and Relations With Strain Factors, Perceived Collective Teacher Efficacy, and Teacher Burnout. Journal of Educational Psycology, 99(3), 611–625.
Sondang, S. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Sudjana, N. 2017. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2021. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Thoha, M. 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmatiah, Hamsu Ahmad Gani, Arnidah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.