PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDKWONDA
Keywords:
Media Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SDK Wonda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian merupakan siswa kelas IV SDK Wonda yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan dianalisis dengan membandingkan presentase ketuntasan minimal secara klasikal pada setiap akhir siklus .Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media audio visual
References
Andhika, R. (2021). Pendidikan sebagai sarana pengembangan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45–53.
Arif, M., Sari, D. P., & Wibowo, A. (2019). Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 134–142.
Bahri, S., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiqi, D. R., Kurniawan, D. A., & Masturah, I. (2020). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 23–31.
Kurniawan, D. A., Dwiqi, D. R., & Masturah, I. (2018). Pembelajaran IPA berbasis pendekatan ilmiah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan IPA, 4(2), 67–74.
Masturah, I., Kurniawan, D. A., & Dwiqi, D. R. (2018). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 55–62.
Puspitasari, R. (2019). Pembelajaran IPA di sekolah dasar berbasis video edukasi: Meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(3), 78–85.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohanes Baptista Nggori (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.