ANALISIS PERAN GURU DALAM MENDETEKSI DINI KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sulhijjah Sulhijjah Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Haisah Haisah Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Reski Reski Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Selfiana Selfiana Universitas Muhammadiyah Makassar Author

Keywords:

Kecemasan belajar, deteksi dini, peran guru, siswa sekolah dasar, psikologi Pendidikan

Abstract

Kecemasan belajar merupakan salah satu faktor yang menghambat perkembangan kognitif dan sosial siswa, khususnya pada jenjang awal sekolah dasar. Deteksi dini oleh guru menjadi penting karena mereka berinteraksi langsung dengan siswa setiap hari. Kajian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam mendeteksi kecemasan belajar sejak dini berdasarkan literatur yang telah ada. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai referensi ilmiah terkait peran guru, psikologi pendidikan anak usia dini, dan kecemasan belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki posisi strategis dalam mengidentifikasi tanda-tanda awal kecemasan belajar melalui pengamatan perilaku, interaksi verbal, serta dinamika belajar siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya pelatihan guru dalam aspek psikologis agar mampu menangani kecemasan secara efektif.

References

Francisco, E., Kurniasari, I., & Pratiwi, R. N. (2023). Usaha guru mengurangi kecemasan belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 35–44. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1763

Pratama, A. D., Yudiana, H. A., & Mufaridhoh, N. A. (2023). Deteksi dini kesulitan belajar siswa sekolah dasar melalui observasi guru kelas. Jurnal Pendidikan Dasar dan Karakter, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15818

Widiyastuti, I., & Nurmahmudah, H. (2023). Kesiapan pembelajaran tatap muka dan kesehatan mental siswa sekolah dasar akibat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 12–20. http://dx.doi.org/10.22515/academica.v5i2.4130

Nur Wahyuningsih, N., Dhieni, N., & Yetti, E. (2024). Peran guru dalam membantu adaptasi anak usia dini saat masuk SD. Jurnal Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.892

Fitria, Y. (2022). Kecemasan belajar siswa kelas rendah SD dan strategi guru dalam menanganinya. JURMIA: Jurnal Riset Manajemen dan Ilmu Administrasi, 3(2), 80–88. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.510

Fithriani, N. (2023). Peran guru dalam menjaga kesehatan mental siswa sekolah dasar. Jurnal Mimbar Akademika, 7(1), 45–52. https://www.mimbarakademika.com/index.php/jma/article/view/222

Yusra, H., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Wali Kelas dalam Mendukung Kesejahteraan Emosional Anak Kelas 1 di SD Pinangsia 03. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10-10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.558

Hombali, A. I., Ngongo, Y., & Lenggu, J. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar siswa SMP Kristen Payeti. Jurnal Pendidikan, 20(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276

Woolfolk, A., & Margetts, K. (2012). Educational psychology Australian edition. Pearson Higher Education AU.

Darwyn Health. (2023). The role of early intervention in managing developmental and behavioral disorders in children. Diakses dari: https://www.darwynhealth.com/child-health/child-development/childhood-mental-disorders/developmental-and-behavioral-disorders-in-children/the-role-of-early-intervention-in-managing-developmental-and-behavioral-disorders-in-children/?lang=id

Saputra, A. D., & Tanjung, S. (2020). Pencegahan psikopatologi pada anak dan remaja melalui intervensi berbasis sekolah. Jurnal Psikologi, 11(2), 101–115. Diakses dari: https://studylibid.com/doc/587534/pencegahan-psikopatologi-pada-anak-dan

KONSELOR. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 284–291. http://dx.doi.org/10.29210/02236jpgi0005

Yanti, S., Erlamsyah, & Zikra. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1). http://dx.doi.org/10.24036/02013211242-0-00

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Akses: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/55

STAIN Pekalongan. (2015). Modul Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Malang: UHAMKA Repository. Akses: https://repository.uhamka.ac.id/28230/1/Modul-Psikologi-Perkembangan.pdf

Rudiansyah, M., Amirullah, M., & Yunus, M. (2016). Upaya Guru dalam Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Tes (SMP Negeri 3 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 96–109. Akses: https://media.neliti.com/media/publications/187812-ID-upaya-guru-dalam-mengatasi-kecemasan-sis.pdf

Mustakim, M., & Gunawan, I. M. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Sikap Percaya Diri Siswa SMAN 1 Labuapi. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5087

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PERAN GURU DALAM MENDETEKSI DINI KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS AWAL SEKOLAH DASAR. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 826-831. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/255

Similar Articles

31-40 of 135

You may also start an advanced similarity search for this article.