HUBUNGAN ANTARA TEMAN SEBAYA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Yulia Firdha Handayani Pasaribu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author
  • Dina Hidayati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author

Keywords:

Teman Sebaya, Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Teman Sebaya Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Variabel bebas yaitu teman sebaya dan variabel terikat yaitu keterampilan komunikasi interpersonal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling  diperoleh sebanyak 35 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala teman sebaya dan keterampilan komunikasi interpersonal dengan skala pengukuran likert. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,45, hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,334 pada taraf signifikan α = 5% dengan N = 35 maka rhitung = 0,45 > rtabel = 0,334, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara teman sebaya dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMA Negeri 14 Medan.

References

Azizah, A. N., & Yanti, P. G. (2022). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Berkomunikasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7619-7626.Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azmi saragih, N., & Fakhrani Idzni, Z. (2022). Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Perilaku Bullyingpada Siswa Kelas Ix Smp Swasta Karya Jaya Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022. Inovasi Penelitian, 3(5), 6233–6242.

Dewi, I., & Rifai, Y. (2021). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas X Perhotelan SMK Negeri 1 Beringintahun Ajaran 2021/2022. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.

Dewi, S. U. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri Mdt At-Taqwa Kp. Ranca Ayu Desa Maroko Kabupaten Garut. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13-32.Efi Muflihah, R. W. (2019). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI SMK X Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Bimbingan dan Konseling, Vol. 3 No. 2.

Endah, N., Rohaeti, E. E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(2), 121-128.

Etika, E. M. (2020). Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Malang: Ahlimedia Press.

Fauzi, I., & Dewi, I. S. (2020). Kemampuan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Penganggaran Akuntansi Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Hasil Penelitian Universitas Sultan Zainal Abidin.

Hamzah, F. (2020). Hubungan antara pengaruh teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 301-308.

Hayati, R., Lanna, M., & Siregar, S. (2022). Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Hubungan, 1(1), 68–76.

Hurlock, Elizabeth. 2005. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Hutasuhut, D. H., & Sahputra, D. (2019). Kontribusi Dukungan Teman Sebaya Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil PenelitianPenelitian, 2(1), 984–989.

Lubis, W. U., & Silian, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Swasta AL-Washliyah 1. Inovasi Penelitian, 3(5), 6223–6232.

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174.

Nur Ainun Solihah, M. S. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan islam, Vol. 3 No. 2.

Nurasyah, & Fitriani, E. (2018). Manfaat Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 67–72.

Prasasti, S. (2019). Studi Korelasi Peranan Teman Sebaya Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Vii j SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Konseling, 19(1).

Pratama, B. A. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Siswa . Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 13 No. 2.

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 399-407

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya Dalam Konseling. Aceh: Syiah Kuala Universitas Press.

Sugiarti, Y. A. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa SMA Kelas X . Philantropy of psychology, Vol. 5 No. 1.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, & Asyah, N. (2022). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingterhadap komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Islam , 4(1), 12–20.

Syaimi, K. U. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMK Triguna Utama Ciputat. Journal of Modern African Studies, 35(17), 2104.

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal Of Education Chemistry, Vol. 5 No. 1.

Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol. 1 No. 1.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA TEMAN SEBAYA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 99-108. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/14

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.