PENERAPAN PRINSIP REDUNDANSI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF

Authors

  • Julham Hukom Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

Prinsip Redundansi, Beban Kognitif, Desain Media Pembelajaran

Abstract

Prinsip redundansi dalam desain media pembelajaran memainkan peran penting dalam mengurangi beban kognitif dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip redundansi pada berbagai media pembelajaran melalui pendekatan tinjauan literatur. Sumber data diperoleh dari jurnal, buku, dan prosiding konferensi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip redundansi secara tepat, seperti menghilangkan teks narasi yang berulang pada media audio-visual, dapat membantu peserta didik memusatkan perhatian pada informasi inti. Selain itu, prinsip ini lebih efektif jika digabungkan dengan prinsip desain lainnya, seperti segmentasi dan kohesi. Namun, efektivitas prinsip redundansi bergantung pada konteks dan kebutuhan peserta didik. Pada kelompok tertentu, seperti peserta didik dengan kebutuhan khusus, elemen redundansi dapat memberikan manfaat tambahan. Oleh karena itu, desain media pembelajaran perlu disesuaikan secara strategis untuk memastikan efektivitasnya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran yang adaptif dan berbasis teknologi untuk mendukung penerapan prinsip redundansi secara optimal.

References

Afidah, V. N. (2015). Prinsip-Prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 72-79.

Clark, R. C. (2008). Building expertise: Cognitive methods for training and performance improvement. John Wiley & Sons..

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.

Francom, G. (2018). Ten Steps to Complex Learning: a Systematic Approach to Four-Component Instructional Design , by Jeroen JG van Merriënboer and Paul A. Kirschner.

Halim, A., Yosanny, A., & Soegandi, A. (2012). Efektivitas Prinsip Redundansi dalam Presentasi Perkuliahan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 3(2), 901-907.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational psychologist, 38(1), 43-52.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999). Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of educational psychology, 91(2), 358.

Paas, F., Renkl, A., & Sweller, J. (2003). Cognitive load theory and instructional design: Recent developments. Educational psychologist, 38(1), 1-4.

Paas, F., Van Gog, T., & Sweller, J. (2010). Cognitive load theory: New conceptualizations, specifications, and integrated research perspectives. Educational psychology review, 22, 115-121.

Rahmawati, A. D., Ardianzah, F., & Novitasari, P. (2024). Penerapan Teori Beban Kognitif dalam Pengajaran Matematika Dalam Mengurangi Beban Kognitif Tak Esensial. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 463-472.

Reski, S. H., & Fadilah, M. (2024). Analisis Media Pembelajaran terhadap Beban Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. JURNAL BIOSHELL, 13(1), 11-16.

Sweller, J. (2020). Cognitive load theory and educational technology. Educational technology research and development, 68(1), 1-16.

Van Merriënboer, J. J., & Kirschner, P. A. (2017). Ten steps to complex learning: A systematic approach to four-component instructional design. Routledge.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

PENERAPAN PRINSIP REDUNDANSI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(03), 966-970. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/154

Similar Articles

1-10 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.