PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMKN 1 SOPPENG
Keywords:
Teknologi, Pembelajaran, Penggunaan, Video, Media,Abstract
Pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan rangkaian kegiatan pendidikan di lingkungan sekolah. Secara umum, pembelajaran dapat dijelaskan sebagai suatu interaksi antara elemen-elemen dalam sistem pembelajaran dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Soppeng pada bulan Mei – Juli 2024. Subjek dari penelitian ini adalah guru informatika di SMKN 1 Soppeng dengan sampel guru berjumlah 5 orang dan sampel siswa SMKN 1 Soppeng berjumlah 44 orang. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif. Pada hasil analisis Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video, terjadi peningkatan proses belajar dan juga tingkat Kepraktisan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video berada pada kategori sangat praktis. Penelitian menunjukkan bahwa Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video mengalami peningkatan nilai sebesar 40.00 pada kelompok kecil dan peningkatan nilai sebesar 37.5 pada kelompok besar. Kepraktisan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video menunjukkan nilai yang sangat praktis dengan persentase sebesar 95.6%.
References
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal basicedu, 6(1), 1086-1097.
Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Education research: an introduction.4th Edition. NewYork: Longman Inc.
Desfitri, F. Z., & Hastuti, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Vlog Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa KI 4 pada KD 4.7 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Kronologi, 4(2), 98-111.
Donnelly, M. P., Nugent, C. D., Craig, D., Passmore, P., & Mulvenna, M. (2008) Development of a cell phone-based video streaming system for persons with early-stage Alzheimer's disease. In 2008 30th Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society (pp. 5330-5333). IEEE.
Fitria, N., Lamada, M. S., & Bakri, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Berbasis Videografis SMPN 1 Limbong. Jurnal Media TIK, 4(2), 21-26. Universitas Negeri Makassar.
Gianistika, C., Arini, D. A., & Sulistia, L. A. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sukaluyu III Kecamatan Telukjambe Timur. Jurnal Tahsinia, 2(1), 26-36.
Hidayat, W. A., & Harjono, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1455-1458.
Heriyanti, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Android di SMK (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 110-119.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243-255
Prijowuntato, S. W., & Putra, H. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian di SMK Negeri 1 Godean Kelas X. (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(1), Desember 2021.
Safitri, I., Pasaribu, R., Simamora, S. S., & Lubis, K. (2019). The effectiveness of android application as a student aid tool in understanding physics project assignments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 512-520.
Siregar, L. S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 11-21.
Setialaksana, W., Hidayat, A., Putra, K. P., Baso, F., & Hamsar, I. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Alat Peraga Pendidikan di era Industri 4.0 pada SMK Sulawesi Barat. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 101-107.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 5 Jeneponto. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 110-119.
Yatu, F. M., Tjandi, Y., Parenreng, J. M., & Miru, A. S. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Subnetting IPV4 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Information Technology Education Journal, Volume 1, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fahresi, Alimuddin Sa’ban Miru, Mustari S. Lamada (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.