PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 21 BULUKUMBA
Keywords:
Prestasi Belajar, Siswa SMP, PengaruhAbstract
Studi ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi media sosial terhadap pencapaian akademik siswa di SMP Negeri 21 Bulukumba. Studi ini menggunakan metode ex-post facto melalui pendekatan kuantitatif. Sebanyak 60 siswa dari kelas VIII dan IX dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara, serta kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi media sosial berdampak signifikan kepada prestasi belajar siswa. Nilai koefisien regresi 0,076 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan dalam penggunaan media sosial berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar sebesar 0,076 poin. Nilai koefisien korelasi 0,214 menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 21,4% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan 78,6% lainnya dipengaruhi dari variabel lain yang tidak diikutsertakan pada studi ini. Pengaruh tersebut bersifat positif, namun penggunaannya perlu diawasi agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu proses belajar.
References
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Syifa, S. F., Nur Istirohmah, A., Lestari, P., & Nur Azizah, M. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21–27.
Widiastuti, D., Damayanti, D., Valmida, G. J., Hutami, K. P., Fauzi, M. T., Syauqia, O., Pertiwi, P. E., Sulistyanty, R. F. D., Ardian, S., Ilminur, S., & Anwar, A. N. (2023). Sosialisasi Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa SDN Parung 03. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 590–593.
Zuliani, R., Luthfiyah, L., & Mustikawati, R. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Peserta Didik. Masaliq, 3(5), 790–800.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riswan Riswan, Zulhajji Zulhajji, Satria Gunawan Zain (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.