PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP GAYA DAN GERAK
Keywords:
Hasil belajar siswa, metode eksperimen, gaya dan gerakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya dan gerak pada siswa kelas IV di sd Onekore 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sd Onekore 4 dengan jumlah siswa 10 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap konsep gaya dan gerak. Pada siklus I, presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 40% dan terjadi peningkatan pada siklus ke II yaitu 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya dan gerak di sd Onekore 4.
References
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13
Guntur Zainal, Z., & Yusmira. (2022). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 156–164.
Henniwati, H. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424
Kalangi, V. P., & Zakwandi, R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 266–276. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.218
Widia, W., & Rachmiati, W. (2016). Penigkatan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan IndonesiaPage, 8(2), 249–266.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Renya Rosari Weti, Maria Natalia Mama, Anastasia Apriliyanti Ona (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.