MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi experimental (Eksperimen semu) dengan bentuk Post-test Only Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar, dan responden pada penelitian ini adalah siswa V-A dengan jumlah 27 siswa dan siswa kelas V-C dengan jumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat dianggap sebagai suatu alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan holistik siswa
References
Apriliawati, Denisa. 2020. “Diary Study Sebagai Metode Pengumpulan Data Pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review.” Journal of Psychological Perspective 2 (2): 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007.
Awatik, Awatik. 2020. “Pembelajaran Dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (02): 56. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.813.
B.HS, Heni Adawiyah, I Ketut Gading, and Gede Wira Bayu. 2020. “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3 (2): 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465.
Dewi, Syofi Syofiyah, Arrofa Acesta, and Heru Purnomo. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas the Influence of Cooperative Learning Model Type Time Token Arends Towards Students’S Social Skills in the Classroom.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7 (1): 43–56. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi.
Gresheilla, Rosalia Septia, Femmy Femmy, Simpun Simpun, and Diplan Diplan. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Pada Peserta Didik Kelas IV-A SDN 6 Menteng Tahun Pelajaran 2022 / 2023” 1 (2).
Lestari, Nia Fuji. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2 (1): 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601.
Lubis, Syibrina Jihan, Dinda Widyastika, Rudi Hermansyah Sitorus, and Universitas Battuta Medan. 2022. “School Education Journal Pgsd Fip Unimed.” SEJ (School Education Journal) 12 (1): 57–63. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/.
Madjidu, Alfan, Idrus Usu, and Yakup Yakup. 2022. “Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 5 (1): 444–62. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.598.
Mahdalena, Sari, and Moh. Sain. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin.” ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1 (1): 118–38. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63.
Manane, Desmon Redikson, Dominikus Kopong Duli, and Maximus Leonardo Taolin. 2022. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Sedaratan Timor.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8 (3): 668. https://doi.org/10.29210/020221515.
Mardomo, B. 2020. “Penerapan Metode Cooperative Intergrated Rading and Compositon Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 5 (1): 1–6. http://i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1091.
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Novera, Ellya, Daharnis Daharnis, Yeni Erita, and Ahmad Fauzan. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (6): 6349–56. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723.
Nurcahyani, Hestianna. 2023. “Penelitian Strategi Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review.” Jurnal Pustaka Budaya 10 (1): 2442–7799. https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/.
Open-ended, Efektivitas Pembelajaran, Marzuki Amad, Efektifitas Pembelajaran Open-ended Terhadap, Institut Pendidikan, Tapanuli Selatan, Universitas Islam, Negeri Syekh, Ali Hasan, and Ahmad Addary. 2022. “Siswa Sekolah Dasar” 2 (2): 236–54.
Permana, Rifqi Arief, and Diana Ikasari. 2023. “Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19.” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) 7 (1): 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238.
Sianturi, Rektor. 2022. “Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis.” Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama 8 (1): 386–97. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507.
Simangunsong, Intan et al. 2023. “Pengaruh Model CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di ….” Jurnal Sains Student Research 1 (2): 319–29. http://repository.uinsu.ac.id/5849/1/SkripsiSuci.pdf.pdf.
Suci, Amalia Ika, and Moh Yamin. 2022. “Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa.” Journal of Elementary School (JOES) 5 (1): 97–105. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3967.
Sudaryati, Siti. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran CIRC Di SMK Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aliya Mayang Nanda Rosa Budianti, Reza Rachmadtullah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.